Wow! Palung Sunda Jadi Palung Terdalam di Samudra Hindia

Wow! Palung Sunda Jadi Palung Terdalam di Samudra Hindia
Foto: Five Deeps Expedition

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Palung yang ada di Laut Jawa berhasil dipastikan sebagai palung dengan titik terdalam di Samudra Hindia. Hal itu terungkap lewat Ekspesdisi Lima Samudra (Five Deeps Expedition) yang dilakukan selama sepuluh bulan belakangan ini.

Diketahui Five Deeps Expedition melakukan penelitian terhadap seluruh palung yang ada di lima Samudra yakni Atlantik, Hindia, Arktik, Pasifik dan Antarktika. Ekspedisi Lima Samudra melakukan pengujian secara menyeluruh hingga mengcover 92.600 kilometer lautan. Menggunakan kapal selam buatan dengan konfigurasi dua kursi, Ekspedisi Lima Samudra melakukan 39 kali penyelaman untuk menguji kedalaman palung-palung yang ada di seluruh lautan.

Dari penelitian itu diketahui Palung Mariana (Mariana Trench) masih menjadi palung yang paling dalam di Bumi. Keberadaan Palung Mariana sebagai palung terdalam memang sudah diketahui sejak lama. Hanya saja ukuran pastinya masih jadi perdebatan. Hal inilah yang kemudian dipastikan oleh Five Deeps Expedition.

Dalam perhitungannya mereka menggunakan kapal selam buatan yang dikirim untuk menyelam hingga titik tertentu. Setelah itu kapal selam kemudian mengirimkan denyut suara melalui alat khusus generasi baru guna mendapatkan titik dasar kedalaman palung-palung tersebut.

Melalui metode itu diketahui Palung Mariana dengan titik terdalam Challenger Deep memiliki kedalaman 10.924 meter. Lewat ekspedisi itu juga perdebatan palung terdalam di Samudra Hindia yang direbutkan antara palung di Laut Jawa dan palung di Laut Barat Daya Australia akhirnya bisa diakhiri. Melalui metode yang dilakukan Five Deeps Expedition, palung yang dinamakan Sunda Double Trench memiliki titik terdalam 7.187 meter.

Selain menemukan fakta bahwa Sunda Double Trench merupakan palung dengan titik terdalam di Samudra Hindia, Five Deeps Expedition juga menemukan palung-palung dengan titik terdalam lainnya yang ada di lima samudra. Titik terdalam itu di antaranya Molloy Hole (Palung Molloy), Brownson Deep (Palung Puerto Rico), Factorian Deep (Palung Sandwich Selatan).

"Selama 10 bulan belakangan kami mendatangi lima samudra, kami meneliti wilayah yang totalnya hampir seperti wilayah Prancis. Kami menemukan banyak informasi dari titik-titik terdalam baru yang belum ada sebelumnya," ujar Dr Heather Stewart dari Britihs Geological Survey yang ikut ekspedisi itu.

Saat ini seluruh data yang didapat oleh Five Deeps Expedition dikirim ke Nippon Foundation-GEBCO Seabed 2030 Project. Diyakini penelitian itu merupakan penelitian paling muktahir tentang laut yang ada di satu dekade ini.