Virus Corona (Covid-19) dan Kepedulian Artha Graha

Virus Corona (Covid-19) dan Kepedulian Artha Graha

Oleh: Yappi Manafe

APA itu virus corona (covid-19)?

Virus Corona (Covid-19) adalah adalah keluarga besar rangkaian virus yang dapat menyebabkan seseorang jatuh sakit. Pada awal terinfeksi covid-19, seseorang akan mengalami sakit batuk, kemudian berkembang ke sakit lain yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV). Virus Corona (Covid-19) adalah virus baru, yang sebelumnya belum pernah teridentifikasi pada manusia.

Virus ini menyebar melalui transmisi antara binatang dan manusia. Investigasi rinci terhadap Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV) menemukan bahwa virus ini menyebar melalui musang dan kucing ke manusia. Selanjutnya infestigasi rinci terhadap Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) menemukan bahwa virus ini menyebar melalui onta ke manusia. Gejala umum terinfeksinya seseorang oleh virus ini antara lain ditandai dengan gejala terganggunya sistem pernapasan, demam, batuk, susah bernapas, radang paru-paru, gagal ginjal bahkan mengakibatkan kematian.

Penyebaran Covid-19 per 29 Februari 2020

Situasi terkini penyebaran Covid-19 secara global serta kasus baru yang terdeteksi dalam 24 jam terakhir: total 85.403 kasus terkonfirmasi (1753 merupakan kasus baru). Cina terkonfirmasi 79.394 kasus (435 kasus baru) dan 2838 meninggal (47 kasus baru/yang baru meninggal). Di luar Cina, data yang diperoleh dari 53 negara mengkonfirmasi 6009 kasus (1318 kasus baru), 86 meninggal (19 kasus baru). Asesmen terhadap resiko penyebaran Covid-19 oleh WHO (World Health Organization) dibagi sebagai berikut: Cina = very high, Regional = very high, Global = very high. Kondisi Cina per 29 Februari 2020 di 34 Provinsi, terkonfirmasi total 79394 (2838 meninggal), Iran terkonfirmasi 388 kasus (34 meninggal), Italy 888 (21 meninggal), Perancis 57 (2meninggal ), Korea 3150 (74 meninggal), Jepang 230 (5 meninggal), Singapura 98, Australia 25, Malaysia 24, Viet Nam 16, total 53 negara dengan 6009 kasus (1318 kasus baru).

Mencegah terinfeksi oleh Covid-19

Standar pencegahan untuk menghindari seseorang terkena infeksi Covid-19 antara lain, mencuci tangan secara teratur, menutup mulut dan hidung pada saat batuk, makan makanan daging dan telur yang telah dimasak, hindari kontak langsung dengan siapapun yang menunjukan gejala terganggunya sistem pernapasan, radang paru-paru, demam, batuk, flu (bersin).

Kepedulian Artha Graha

Untuk kesekian kalinya masyarakat menyaksikan kepedulian Artha Graha terhadap apa yang sedang dialami oleh masyarakat Global, yaitu secara aktif turut mengambil peran bersama aparat pemerintah dalam menangani WNI yang berada diluar negeri, yang rawan terpapar Covid-19. Kepedulian kali ini secara serius diwujudkan dalam bentuk mempersiapkan dan melengkapi Pulau Sebaru dengan fasilitas dan SDM yang dimiliki oleh Artha Graha untuk menangani para WNI yang rawan terpapar Covid-19, demi masa depan anak bangsa. Dari waktu ke waktu, Artha Graha Peduli (AGP) selalu ringan tangan dan lebih awal tampil di depan untuk menolong dan membantu hal-hal yang terkait dengan kemanusiaan, seperti berbagai bencana Nasional yang sering terjadi.

Sejak Bapak Presiden menetapkan Pulau Sebaru sebagai “tempat observasi” 188 WNI yang berasal dari Kapal Pesiar World Dream, Artha Graha dengan cepat menanggapi dan langsung mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan agar memudahkan Pemerintah melakukan operasi kemanusiaan dibawah koordinator Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Pulau Sebaru layak dan pantas memperoleh kepercayaan dari Pemerintah, oleh karena selain dikenal dengan karakteristik geografi dan reputasi Artha Graha dalam melaksanakan misi kemanusiaan, juga memiliki pengalaman bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam melaksanakan program rehabilitasi Penyalah-guna Narkoba.

Pengalaman ini dapat dijadikan sebagai model penanganan terhadap saudara-saudara kita yang memerlukan uluran tangan dalam mengatasi permasalahan yang dialami, khususnya memastikan bahwa mereka (saudara-saudara kita) benar-benar negatif dari infeksi Covid-19. Diharapkan seluruh komponen masyarakat dan bangsa Indonesia dapat turut mendukung program pemerintah dalam misi kemanusiaan sesuai dengan peran dan kemampuan masing-masing, dan Artha Graha telah memulainya, tinggal menunggu yang lain menyusul. Mari bersama bergandengan tangan, bersatu dan peduli pada permasalahan anak bangsa.

* Penulis adalah pemerhati masalah kesehatan

Catatan: sebagian materi bersumber dari data WHO (World Health Organization)