Viral! Istri Joget TikTok, Ustad Solmed: Itu Masuk Ikhtilaf

Viral! Istri Joget TikTok, Ustad Solmed: Itu Masuk Ikhtilaf
Ustad Solmed

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ustad Solmed memandang joget TikTok yang dilakukan istrinya, April Jasmine merupakan gerakan sederhana dan tidak perlu dipermasalahkan. Menurutnya, April Jasmine hanya melakukan gerakan sederhana.

"Saya melihat apa yang dilakukan istri dengan gerakan yang simple dan sederhana itu kan nggak ubahnya kayak dulu kita nyanyi Potong Bebek Angsa. Tangan ke kanan, tangan ke kiri, kaki ke kanan, kaki ke kiri. Jadi yang salah itu apanya? Gerakannya? atau lagunya atau TikToknya?" katanya di kanal YouTube KH Infotainment yang diunggah pada Senin, 5 April 2021.

Dia mengingatkan supaya lebih jernih melihat suatu persoalan. Lebih lanjut, Ustad Solmed mengatakan tarian masuk dalam ikhtilaf (perbedaan, pertukaran, dan perselisihan). 

"Jauh sebelum ini, ulama-ulama sudah membahas soal tarian dan itu masuk dalam kategori ikhtilaf. Di sana ada pintu ijtihad di sana ada persoalan furuiyah. Mereka semua berbeda, tapi mereka tidak saling mencela, tidak saling memaksa," katanya.

Melihat banyaknya hujatan kepadanya, April Jasmine mengaku tidak masalah karena yang terpenting baginya adalah sang suami. "Biasa aja. Ini hidup saya. Suami ridho, saya ikutin. Itu kan tugas saya cari ridho suami aja. Ya tetap aja ada orang yang suka dan gak suka, itu udah jadi bagian dalam kehidupan, jadi biasa aja," kata April Jasmine.

Saat merayakan ulang tahun pada Kamis, 1 April 2021, April Jasmine menari bersama tiga perempuan dan diunggah di akun media sosial TikTok. Perempuan 35 tahun itu tampak bersemangat saat menari bersama. Dia berjoget dengan mengenakan busana serba putih dipadu jaket denim berwarna biru muda. April Jasmine memakai topi baret berkelir abu-abu muda di atas jilbab, menyelempangkan tas berwarna hitam, serta kacamata yang disematkan di dada.

Warganet yang menyaksikan joget TikTok April Jasmine ini mengingatkan status dia sebagai istri seorang pendakwah. Ustad Solmed kemudian muncul dan menjelaskan tentang hukum menari. Dia mengunggah deretan huruf arab berwarna putih dengan latar hitam, tanpa penjelasan atau terjemahan. "Mari kita tiktokan. Itung-itung kayak senam SKJ zaman dulu. Maaf ya saya merdeka, bukan yang ikut arus aturan deterjen," tulisnya di Instagram Jumat, 2 April 2021.