Venus Akan Bercahaya Terang Sepanjang November

Venus Akan Bercahaya Terang Sepanjang November
Ilustrasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Planet Venus yang dikenal juga sebagai Bintang Kejora akan mudah terlihat dari seluruh Bumi sepanjang November 2021.

Jika Oktober adalah bulan Mars, namun sepanjang November, Venus akan menghiasi langit malam Bumi.

Dilansir CNN Indonesia, pada tanggal 1 November, Venus terbit hampir 3 jam sebelum Matahari muncul, tetapi pada akhir bulan, waktu tampil dari bintang gejora ini berkurang menjadi sekitar 2 jam 15 menit. Itu juga tampaknya tidak bersinar dengan pancaran yang cukup menyilaukan yang pernah dimilikinya saat surut dari Bumi.

Pada pertengahan bulan ia bersinar dengan magnitudo -3,9, masih jauh mengungguli bintang atau planet lain mana pun, namun kali ini ia hanya muncul setengah keterangannya seperti pada pertengahan Juli lalu.

Untuk pengamat langit di belahan Bumi selatan, ini adalah waktu yang tepat untuk melihat Venus. Cobalah pada malam tanggal 6 November, ketika Bulan akan menjadi Bulan sabit yang sangat tipis tepat di atas titik Matahari terbenam.

Baca Juga

Menjelang malam tanggal 7 November, Bulan akan menjadi Bulan sabit yang lebih gemuk, terbenam lebih lama setelah Matahari dan sangat dekat dengan Venus. 

Pada malam berikutnya, 8 November, nebula pembentuk bintang M8 mungkin dapat dijangkau dengan bantuan optik. Itu akan bersinar secara halus tepat di luar sisi gelap Bulan.

Sedangkan untuk pengamat langit di belahan bumi utara, Venus akan tampak lebih rendah ke satu sisi (sisi kiri) dari titik Matahari terbenam. Tetapi Venus akan tetap menjadi cahaya yang menyilaukan di arah matahari terbenam sepanjang November 2021, seperti dilansir dari EarthSky.

Selain Venus, pada setiap malam di bulan November 2021, pengamat juga bisa melihat dua planet lain, Saturnus dan Jupiter. Meski demikian, Venus menjadi planet paling terang dan paling dekat dengan titik matahari terbenam.

Ketiganya akan terlihat terang ditambah lagi mereka mengikuti ekliptika atau jalur Matahari yang melintasi langit Bumi. Jupiter dan Saturnus akan tampak bergerak menuju Venus sepanjang November.

Pada awal Desember, Jupiter, Saturnus, dan Venus akan tampak sangat dekat, dengan Saturnus berada di tengah-tengah antara Jupiter dan Venus, seperti dilansir dari Space.

Menjelang malam tanggal 5 Desember, di sebagian besar dunia, bulan sabit lilin muda kembali muncul di langit malam. Dari malam itu hingga malam tanggal 9 Desember, Anda dapat melihat bulan bergerak menjauh dari matahari terbenam, pertama melewati Venus, lalu Saturnus, kemudian Jupiter.