Toyota Segera Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

Toyota Segera Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia
Ilustrasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Langkah Hyundai menggebrak pasar otomotif nasional dengan mobil full listrik nampaknya memantik Toyota untuk mengembangkan mobil listrik lebih jauh lagi. 

Jika sebelum-sebelumnya hanya memasarkan mobil hybrid saja, kini mereka berencana untuk memasarkan mobil listrik dalam waktu dekat.
 
President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, menjelaskan segera memperluas pasar mobil elektrifikasi nasional dengan menyiapkan lini mobil Battery Electric Vehicle (BEV) yang sepenuhnya menggunakan sumber energi listrik sebagai tenaga penggerak. 

Model ini akan melengkapi jajaran model hybrid yang sudah ada dan plug-in hybrid yang masih dikhususkan untuk pasar fleet.
 
“Kami sudah mulai elektrifikasi sejak tahun 1990-an di global, tidak hanya karena kami melihat adanya kebutuhan untuk melestarikan lingkungan, tapi juga kami berkomitmen untuk menghadirkan pilihan mobilitas yang lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, kami terus melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi baik dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV),” kata Susumu Matsuda Rabu (18/11/2020) melalui webinar dikutip dari Medcom.

Melihat perkembangan yang ada sekarang ini, sekaligus kesiapan konsumen dalam mengadopsi teknologi mobil listrik, jenama asal Jepang ini berencana meluncurkan mobil listrik namun di bawah merek Lexus. Mobil yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini adalah model SUV Lexus UX 300e.
 
"Kami memiliki banyak pilihan teknologi elektrifikasi, saat ini kami sudah siapkan 3 teknologi baik HEV, PHEV, dan Battery Full EV untuk pelanggan di Indonesia. Ini menjadi milestone penting agar kami terus study untuk kedepannya melebarkan pilihan yang lebih lengkap, sejalan dengan kebutuhan mobilitasnya," kata Marketing Director PT TAM, Kazunori Minamide, di kesempatan yang sama.

Tidak sampai disitu saja, mereka juga mempersiapkan edukasi dan pengenalan mobil full listrik di Indonesia dengan mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism di kawasan Nusa Dua Bali. 

Bagian dari grup Astra ini akan menyediakan layanan mobilitas yang terintegrasi bagi semua masyarakat dan turis yang ingin mencoba menggunakan kendaraan BEV di Bali.
 
Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, berharap agar masyarakat dapat mencoba dan semakin terbiasa menggunakan kendaraan berbasis teknologi BEV, serta dapat semakin mendukung daya tarik pariwisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan.

Pendekatan yang sama juga digunakan dengan menyediakan teknologi PHEV untuk kendaraan fleet taksi, dimana harapannya semakin banyak lagi orang yang dapat merasakan pengalaman dengan mobil listrik.
 
“Dengan berbagai pendekatan yang berbeda ini dan dengan tujuan untuk makin melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi, kami percaya bahwa setiap lapisan masyarakat dapat memiliki kesempatan untuk merasakan dan menggunakan kendaraan elektrifikasi ini dapat dilakukan secara optimal baik melalui kepemilikan, experience dengan kendaraan umum seperti di PHEV, maupun mencoba di Ecotourism yang kami saat ini sedang kami siapkan di Bali,” tutup Anton.