Total Ada 69 Pegawai KPK Positif Covid-19

Total Ada 69 Pegawai KPK Positif Covid-19
Ketua KPK Firli Bahuri

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, pihaknya rutin menggelar uji usap (swab test) atau tes cepat (rapid test) sejak pandemi Covid-19 pada Maret 2020.

Menurut Firli, tercatat ada 28 orang positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab terakhir. Maka, selama lebih dari enam bulan ini, ada 69 pegawai yang tercatat positif Covid-19.   

"Berita tadi disampaikan hari ini betul 69 orang yang positif Covid-19, tetapi itu sejak Maret 2020," kata Firli dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR. 

"Hasil tes terakhir ada 28 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19," lanjut dia. 

Ia menjelaskan, sebanyak 31 orang yang terkonformasi positif Covid-19 itu telah dinyatakan sembuh. Sementara itu, sisanya masih menjalani isolasi.

Menurut Firli, hingga Senin ini, KPK telah menggelar empat gelombang uji swab dengan total 1.091 pegawai yang telah diperiksa. Uji swab terakhir dilaksanakan pada 7-11 September 2020. 

"Gelombang terakhir kami laksanakan pada 7-11 September 2020. Hari ini pun sudah kami lakukan," tutur dia. 

"Total yang kami periksa kurang lebih 1.091 pegawai, termasuk rekan-rekan wartawan yang interaksi di KPK kami lakukan, pada tahanan kami lakukan swab test," tambah Firli. 

Sementara itu, sebelumnya diberitakan seorang penyidik KPK, Komisaris Polisi Pandu Hendra Sasmita, meninggal dunia akibat sakit pada Minggu (13/9/2020). Almarhum sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati setelah dinyatakan positif Covid-19.

Namun, setelah menjalani perawatan, almarhum kemudian dinyatakan sudah sembuh dari Covid-19. Setelah itu, kondisi kesehatan Kompol Pandu kembali memburuk hingga pada akhirnya menghembuskan napas terakhir.