Timnas U-23 Kalah 2-3 dari Australia, Witan Cetak Gol Sensasional

Timnas U-23 Kalah 2-3 dari Australia, Witan Cetak Gol Sensasional
PSSI

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Timnas Indonesia U-23 kalah 2-3 dari Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Republican Central, Selasa (26/10). Witan Sulaeman cetak gol ciamik untuk Timnas U-23.

Timnas U-23 menahan imbang Australia tanpa gol di babak pertama. Australia hampir unggul di babak pertama setelah mendapatkan penalti.

Tetapi, penyelamatan gemilang dilakukan kiper Ernando Ari Sutaryadi dengan menangkap tendangan penalti Patrick Wood pada menit keempat.

Pertahanan solid Indonesia di babak pertama akhirnya jebol setelah kapten Marc Tokich membobol gawang Ernando Ari Sutaryadi pada menit ke-52.

Tokich membobol gawang Timnas U-23 setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas Lachlan Brook ke tiang jauh.

Tokich yang bergerak dari belakang tidak terpantau pemain Timnas U-23, termasuk oleh Rachmat Irianto sebagai pemain terdekat dengan pemilik nomor punggung 4 itu.

Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23 di Dushanbe.

Bagus Kahfi gagal cetak gol ke gawang Australia. (dok. PSSI)

Satu menit berselang Olyroos nyaris menambah keunggulan jadi 2-0. Beruntung Ernando melakukan penyelamatan dengan menepis tendangan Fabian Monge dari dalam kotak penalti.

Gol tambahan Australia tercipta pada menit ke-58. Gol itu bermula dari umpan terobosan Lachlan Brook kepada Alessandro Lopane.

Saat tinggal berhadapan dengan Ernando, Lopane memberikan bola kepada Patrick Wood yang tanpa kesulitan membobol gawang Garuda Muda.

Indonesia baru bisa mencetak gol balasan pada menit ke-68 melalui tendangan spektakuler Witan Sulaeman.

Meski dalam bayang-bayang penjagaan pemain Australia, Witan masih bisa melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Sepakan itu mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang Australia tanpa bisa diantisipasi kiper Nicholas Suman.

Gol sensasional Witan dibalas Australia pada menit ke-76 lewat Jacob Italiano. Sebelum mencetak gol, Jacob lebih dulu melewati tiga pemain Timnas U-23.

Saat memiliki ruang tembak, Jacob melepaskan tendangan keras kaki kanan ke pojok kiri atas gawang Ernando.

Beruntung bagi Timnas Indonesia U-23, tendangan kaki kanan Patrick Wodd dari dalam kotak penalti pada menit ke-79 masih membentur tiang gawang.

Lengahnya pertahanan Australia dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas U-23. Adalah pemain pengganti Taufik Hidayat yang memperkecil skor jadi 2-3 pada menit ke-84.

Taufik membobol gawang Olyroos usai memanfaatkan umpan dari tendangan Gunansar Mandowen.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Timnas U-23 kalah tipis 2-3 dari Australia. Meski kalah, Indonesia masih memiliki peluang pada pertandingan kedua melawan Australia, Jumat (29/10).

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Australia:

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Asnawi Mangkualam Bahar (c), Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Gunansar Papua Mandowen, Rachmat Irianto, Ramai Rumakiek; Bagus Kahfi, Hanis Saghara Putra, Witan Sulaeman

Timnas Australia U-23: Nicholas Suman (PG); Jordan Courtney-Perkins, Jordan Bos, Marc Tokich (c) Lewis Miller; Adisu Bayew, Fabian Monge, Luke Duzel, Jacob Italiano; Lachlan Brook, Patrick Wood