Timnas Spanyol Panggil 5 Pemain Tambahan Usai Sergio Busquets Positif Covid-19

Timnas Spanyol Panggil 5 Pemain Tambahan Usai Sergio Busquets Positif Covid-19
The Athletic

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, memanggil lima pemain baru untuk bergabung ke skuadnya. Pemanggilan lima pemain tambahan ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi usai gelandangnya, Sergio Busquets, dinyatakan positif terpapar virus Covid-19.

Sebagaimana diketahui, Busquets dinyatakan positif terpapar Covid-19 pada Senin 7 Juni 2021. Kini, gelandang berusia 32 tahun itu pun tengah melakukan isolasi mandiri.

Usai Busquets dinyatakan positif Covid-19, anggota lain dari Timnas Spanyol pun langsung melakukan tes. Hasilnya, seluruh pemain dinyatakan negatif. Tetapi kini, mereka tengah menanti hasil tes kedua.

Kondisi ini pun memunculkan kekhawatiran dari Enrique akan adanya pemain lain yang tepapar Covid-19. Tak ayal, dia pun memanggil sejumlah amunisi baru sebagai tindakan antisipasi untuk mentas di Piala Eropa 2020.

Kelima pemain itu ialah Rodrigo Moreno, Pablo Fornals, Carlos Soler, Brais Mendez, dan Raul Albiol. Mereka nantinya akan menjalani latihan secara terpisah. Status lima pemain ini sendiri belum dipastikan menjadi bagian dari skuad Timnas Spanyol untuk Piala Eropa 2020.

"Untuk mengantisipasi konsekuensi dari hasil tes Sergio Busquets yang positif terpapar Covid-19, staf pelatih telah memutuskan untuk memanggil sejumlah pemain untuk melakukan pelatihan selama beberapa hari ke depan di bawah perintah Luis Enrique," bunyi pernyataan Timnas Spanyol, Selasa (8/6/2021).

"Para pemain itu ialah Rodrigo Moreno (Leeds United), Pablo Fornals (West Ham United), Carlos Soler (Valencia CF), dan Brais Mendez (RC Celta) yang akan bergabung dalam sesi latihan di Las Rozas,” lanjutnya.

"Pemain yang diundang ke sesi latihan akan tetap berada di luar 'gelembung' Ciudad del Futbol dan akan memasuki Las Rozas setiap hari setelah melewati berbagai tes yang relevan sebelum kedatangan dan selama kehadiran mereka," jelas pihak Timnas Spanyol dalam pernyataan tersebut.

"Kepastian penyertaan mereka ke daftar skuad Piala Eropa 2020 akan dievaluasi berdasarkan hasil tes yang didapatkan dalam beberapa hari mendatang," tutup pernyataan tersebut.

Kondisi Busquets yang terpapar virus Covid-19 memang menjadi pukulan bagi Timnas Spanyol. Sebab, kompetisi Piala Eropa 2020 akan segera bergulir dalam beberapa hari mendatang. Spanyol bahkan memutuskan menutunkan menurunkan pemain U-21 untuk berlaga melawan Lithuania dalam uji coba pada Rabu 9 Juni 2021 dini hari WIB.