Tim yang Kalahkan Jerman Kerap Lolos ke Final, Inggris Dijagokan Juara Euro 2020

Tim yang Kalahkan Jerman Kerap Lolos ke Final, Inggris Dijagokan Juara Euro 2020
REUTERS

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Tim Nasional (Timnas) Inggris menang 2-0 atas Jerman di babak 16 besar Piala Eropa 2020 yang dilangsungkan di Stadion Wembley, Selasa 29 Juni 2021 malam WIB. Gol-gol Inggris dalam laga ini dilesakkan Raheem Sterling pada menit 75 dan Harry Kane (79’).

Berkat kemenangan ini, Inggris lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2020 dan akan bersua Ukraina di babak tersebut. Namun, Inggris diprediksi akan melaju ke partai final Piala Eropa 2020 karena didukung sejarah.

Terhitung sejak Piala Eropa 2008, tim yang mengalahkan Jerman selalu menapaki partai final. Kita mulai di Piala Eropa 2008. Saat itu, kebetulan Jerman lolos ke final dan bertemu Spanyol. Setelah melalui 90 menit pertandingan, Spanyol menang 1-0 via gol tunggal Fernando Torres.

Kemudian di Piala Eropa 2012, Italia mengalahkan Jerman 2-0 di semifinal. Alhasil, Italia pun lolos ke final Piala Eropa 2012. Sayangnya, di partai puncak Gli Azzurri -julukan Italia– dihajar Spanyol 0-4.

Selanjutnya di Piala Eropa 2016, giliran Prancis yang mengalahkan Jerman 2-0 di semifinal. Gol-gol Prancis saat itu dilesakkan Antoine Griezmann. Sayangnya, Prancis kalah 0-1 dari Portugal meski partai puncak dilangsungkan di kandang mereka sendiri.

Melihat siklus di atas, seharusnya Inggris bisa melaju ke final Piala Eropa 2020. Namun, untuk menjadi juara Inggris butuh memutus kutukan di atas.

Sebab, tim yang mengalahkan Jerman selalu tumbang saat mentas di final, terhitung sejak Piala Eropa 2012. Jika melihat kondisi saat ini, Belgia dan Spanyol merupakan calon lawan Inggris di final Piala Eropa 2020.

Andai bertemu Belgia, Inggris wajib waspada. Sebab dalam empat pertemuan terakhir kontra De Rode Duivels -julukan Belgia, Inggris hanya menang satu kali dan kalah tiga kali!

Namun, jauh sebelum partai final, Inggris akan lebih dulu melakoni partai perempatfinal kontra Ukraina pada Minggu 4 Juli 2021 pukul 02.00 WIB. Jika memenangkan laga ini, Inggris akan menghadapi pemenang laga Republik Ceko vs Denmark di semifinal Piala Eropa 2020.

Jika melihat calon lawan, Inggris mempunyai peluang tampil di partai puncak. Gelar juara pun terasa dekat bagi Inggris, karena semifinal dan final Piala Eropa 2020 dilangsungkan di kandang mereka, yakni Stadion Wembley.