Ternate Diguncang Gempa 5.3 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Ternate Diguncang Gempa 5.3 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah
Ilustrasi | Detikcom

MALUKU, SENAYANPOST.com - Gempa bumi 5.2 Skala Richer mengguncng Provinsi Maluku Utara. Warga yang terlelap tidur berhamburan keluar rumah.

Pusat gempa berada di 55 KM barat laut Ternate dengan kedalaman 11 KM. Gempa 5.3 SR yang terjadi pukul 00.02 itu dirasakan cukup kuat di wilayah Kota Ternate, dengan kekuatan 3MMI.

Tak hanya di Ternate, beberapa wilayah lainnya di Maluku Utara juga merasakan antara lain, Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Tengah.

"Kami informasikan kegempaan yang barusan terjadi. Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5.3 SR. Gempa ini terjadi pada pukul 00.02 WIT, gempa ini berada di laut Maluku dengan koordinat 1.2 LT Utara, gempa berada di barat laut dengan jarat 55 KM dari Kota Ternate," kata Taufan Taufik, Staf Operasional BMKG Ternate, Ahad (21/03/2021).

Gempa yang terjadi tidak berpotensi Tsunami, dan warga diimbau agar tidak panit namut tetap meningkatkan kewaspadaan.

"Gempa ini tidak berpotensi Tsunami. Kami imbau kepada masyarakat untuk tetap mengupdate informasi terkait gempa dari BMKG. Lanjut Taufan, kemungkinan besar karena gempa berada di laut Maluku disevabkan karena adanya aktifitas pergeseran lempeng, yaitu adanya subduksi di laut Maluku," jelasnya.