Tak Ada Penundaan atau Pembatalan Olimpiade Tokyo 2021

Tak Ada Penundaan atau Pembatalan Olimpiade Tokyo 2021
CNN Indonesia

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyatakan Pembukaan Olimpiade Tokyo 2021 akan digelar tepat waktu yakni pada 23 Juli mendatang. Hal itu dikatakan Okto sapaan akrab Raja Sapta Oktohari saat jumpa pers KOI secara virtual, Senin (25/1/2021).

"Mengenai pelaksanaan Olimpiade, Kita sudah koordinasi dengan Presiden IOC Thomas Bach, Tuan rumah Olimpiade dalam hal ini NOC Jepang. Bahwa pembukaan event olahraga terbesar di dunia ini akan digelar 23 Juli 2021," katanya.

Sebelumnya ramai diberitakan, masyarakat Jepang meminta untuk menunda atau bahkan membatalkan Olimpiade yang seharusnya digelar tahun lalu. "Kita selalu menyampaikan informasi yang sudah divalidasi oleh IOC. Sejauh ini tidak ada penundaan ataupun pembatalan olimpiade," tegas Okto.

Menurut Okto yang sudah pasti ditunda pelaksanaannya adalah Asian Beach Games dan Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG).

"Untuk AIMAG yang meminta ditunda adalah pesertanya. Sedangkan tuan rumah, dalam hal ini Thailand sebenarnya tidak ingin mundur. Apalagi mereka terbukti sukses menggelar Turnamen Bulu tangkis di masa Pandemi Covid-19," ungkapnya.

Indonesia sendiri sejauh ini nari meloloskan empat nomor di Olimpiade mendatang. Atletik satu nomor melalui Lalu Muhammad Zohri, Panahan dua nomor dan menembak dari nomor.

"Nomor lainnya masih menunggu kelanjutan kualifikasi. Akan ada tambahan dari bulu tangkis dan angkat besi tetapi menunggu selesai kualifikasi nya. Cabor lainnya yang berpeluang lolos adalah Tinju, Panjat Tebing, Surfing dan Dayung." jelas Okto.

"Kita juga terus melakukan pendekatan dengan IOC. Untuk mengetahui kelanjutan kualifikasi olimpiade. Karena banyak yang tertunda. Kuota melalui kualifikasi baru 60 persen, 15 persen nanti berdasarkan ranking, sisanya IOC dan Cabor akan menentukan,"pungkasnya.