Survei: Orang Malaysia Butuh Kerja Sebulan Buat Bisa Beli iPhone 13, Orang Indonesia?

Survei: Orang Malaysia Butuh Kerja Sebulan Buat Bisa Beli iPhone 13, Orang Indonesia?
iPhone 13

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Apple telah membuka pre-order iPhone 13 di sejumlah negara. Harga iPhone 13 bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, meski membawa sejumlah fitur dan teknologi terbaru.

Soal kemampuan daya beli iPhone 13, platform e-commerce Picodi.com belum lama ini merilis data seberapa lama orang harus bekerja, demi bisa membeli iPhone generasi terbaru itu. Model yang dijadikan acuan adalah pembelian iPhone 13 Pro 128 GB.

Survei yang dilakukan berdasarkan data harga iPhone 13 Pro 128 GB yang resmi di situs Apple dan gaji rata-rata berasal dari kementerian resmi masing-masing negara. Untuk menentukan waktu pembelian, harga iPhone 13 akan dibagi rata-rata gaji harian.

Menurut data Picodi, upah rata-rata di Malaysia adalah 3.399,17 ringgit atau sekitar Rp 11,5 juta dan harga iPhone 13 Pro 128 GB sebesar 4.899 ringgit (Rp 16,6 juta). Ini berarti bahwa seorang warga Malaysia harus bekerja selama 30,3 hari untuk membeli iPhone 13 Pro dengan asumsi mereka menghabiskan semua uang yang diperoleh.

Sementara warga Swiss dapat memperoleh uang untuk iPhone terbaru paling cepat — hanya 4,4 hari. Rata-rata orang Amerika Serikat mampu membeli gadget terbaru dari Apple itu, setelah bekerja selama 5,9 hari, dan Australia setelah 6,4 hari.

Di antara negara-negara yang disurvei, hasil terburuk dicatat oleh Turki, yang warganya membutuhkan waktu 92,5 hari kerja untuk bisa membeli iPhone 13 Pro. Hasil terburuk kedua dan ketiga adalah milik Filipina dan Brasil, masing-masing 90,2 dan 79,2 hari.

Berapa lama orang Indonesia diasumsikan bisa beli iPhone 13?

Bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya Picodi.com belum memasukkan Indonesia sebagai negara yang masuk dalam surveinya. Hal ini tentu berkaitan dengan iPhone 13 belum dijual resmi di Indonesia.

Namun, jika dihitung-hitung berdasarkan harga iPhone 13 Pro di Malaysia, maka bisa secara kasar ditentukan berapa lama waktu orang Indonesia mampu membeli penerus iPhone 12 tersebut.

Menurut Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Februari 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata upah atau gaji bersih orang di Indonesia sebesar Rp 2,86 juta per bulan. Sementara, rata-rata gaji hariannya sebesar Rp 136 ribu.

Artinya, jika orang Indonesia dengan gaji rata-rata Rp 2,86 juta per bulan dan mau membeli iPhone 13 Pro 128 GB di Malaysia yang dibanderol sekitar Rp 16,6 juta, maka membutuhkan waktu sekitar 5-6 bulan. Asumsinya mereka menghabiskan seluruh gajinya untuk membeli iPhone 13.

Kapan iPhone 13 dijual resmi di Indonesia? Pihak Apple maupun iBox belum memberikan informasi soal waktu penjualan resmi iPhone 13, tapi berkaca dari peluncuran sebelumnya, iPhone baru biasanya mulai dijual setiap akhir tahun. Soal harga tidak berbeda jauh dan biasanya sedikit lebih mahal dibanding harga di Malaysia dan Singapura.