Sempat Gangguan Sejam, YouTube: Kami Sudah Kembali

Sempat Gangguan Sejam, YouTube: Kami Sudah Kembali
YouTube

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Aplikasi video YouTube telah kembali pulih. Tayangan video dalam platformnya sudah bisa diputar dan ditonton kembali setelah pagi tadi sempat mengalami gangguan.

"...Dan kami sudah kembali--kami sangat menyesali untuk gangguan yang terjadi. Ini telah diperbaiki di seluruh perangkat dan layanan YouTube, terima kasih telah bersabar," cuit YouTube di Twitter pada Kamis 12 November 2020, Pukul 09.13 WIB.

Situs web The Verge melaporkan, gangguan di mana video-video tak bisa diputar sempat bertahan selama sekitar satu jam. Saat itu setiap video hanya menampilkan layar hitam dengan logo dan tulisan YouTube.

Gangguan juga dialami layanan lainnya yang menggunakan infrastruktur YouTube, termasuk YouTube TV dan film ataupun program TV berbayar via Google TV.

Dalam pesan yang dibagikannya di akun Twitter pada pada Pukul 19.23 ET atau 07.23 WIB, YouTube mengakui adanya gangguan tersebut.

"Jika anda memiliki masalah saat menonton video-video di YouTube saat ini, anda tidak sendiri--tim kami telah menyadari isu ini dan sedang bekerja memperbaikinya. Kami akan menindalanjuti di sini jika ada kabar terbaru," begiu isi pesan yang dicuitkan YouTube di sana.

Menurut The Verge, skala gangguan dialami luas di seluruh dunia. Indikasinya, DownDetector yang menunjukkan sejumlah besar pengguna melaporkan masalah dengan YouTube. Grafik DownDetector memuncak dengan laporan lebih dari 280 ribu pengguna dalam waktu kurang dari sejam.