Selain Indonesia, Ini Negara yang Rayakan Kemerdekaan pada 17 Agustus

Selain Indonesia, Ini Negara yang Rayakan Kemerdekaan pada 17 Agustus

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Setiap tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Dan hari ini, usia kemerdekaan Indonesia tepat mencapai 73 tahun. Namun, Indonesia bukan satu-satunya negara di dunia yang memperingati kemerdekaan pada 17 Agustus.

Dikutip dari Kompas, pada 58 tahun lalu, sebuah negara di Afrika bagian barat mencatatkan sejarah dunia dengan mengumumkan kemerdekaan dari Perancis pada 17 Agustus 1960.

Britannica mencatat, Gabon masih menjalin hubungan erat dengan Perancis, termasuk mengadopsi bahasa Perancis sebagai bahasa nasional.

Gabon merupakan negara republik dengan sistem presidensial. Presiden menjabat sebagai kepala negara dan memiliki masa jabatan selama 7 tahun.

Pada September 2016, petahanan Presiden Ali Bongo terpilih kembali menjadi presiden, setelah melawan sengit penantang utamanya, Jean Ping.

Baca Juga

Penduduk di Gabon mencapai 1,9 juta jiwa pada 2016. Dari jumlah itu, sekitar empat perlima populasinya terdiri dari kaum urban, di mana setenganya tinggal di kota besar, seperti Libreville, Port-Gentil, Franceville, Oyem, dan Moanda.

Sebagai informasi, Port-Gentil adalah pusat industri kayu dan minyak. Sementara, Libreville adalah ibu kota administratif dan pusat komersial.

Penduduk Gabon lainnya tersebar secara luas di ratusan pedesaan, di sepanjang sungai dan jalan.

Untuk selama beberapa tahun, sekitar tiga perempatan wilayah negara Gabon dipenuhi dengan hutan.

Namun, pada awal 1970, penemuan sumber daya alam mineral baru ditemukan dan dieksploitasi melebihi kayu.

Gabon merupakan salah satu negara penghasil mangan terbesar di dunia. Emas dan berlian juga ditambang di negara tersebut.

Terkait perekonomian, Gabon memiliki mitra perdagangan yang dapat diandalkan yaitu Perancis dan Amerika Serikat, serta beberapa negara di Eropa. Selain itu, China dan Jepang juga rekan dagang yang penting.

Gabon dan lima negara Afrika lainnya tergabung pada organisasi Economic and Monetary Community of Centra Africa.

Gabon juga dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa termasuk satwa liar langka.

BBC mengabarkan, sebuah laporan terbaru pada Februari 2017 menunjukkan, populasi gajah di negara itu telah hilang 80 persen selama satu dekade terakhir. (WW)