Sehari Jelang Idulfitri, Jalur Selatan Lintas Garut Lengang

Sehari Jelang Idulfitri, Jalur Selatan Lintas Garut Lengang
Ilustrasi

GARUT, SENAYANPOST.com - Satu hari menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah/2021 Masehi, jalur selatan Jawa Barat lintas Kabupaten Garut tampak lengang.

Kapolres Garut, AKBP Adi Benny Cahyono di Garut, Rabu (12/5/2021) mengatakan, kondisi arus lalu lintas kendaraan di jalan utama Garut lancar, volume kendaraan terjadi penurunan dibandingkan hari biasanya.

"Arus lalin di ruas jalan utama yang menghubungkan kota dan kabupaten lain pada umumnya volume kendaraan yang melintas berkurang jauh dari hari biasa," kata Kapolres.

Ia menuturkan sejumlah personel kepolisian dan dari instansi lainnya terus disiagakan di pos penyekatan perbatasan kota untuk mencegah masuknya kendaraan pemudik masuk maupun melintas di Garut.

Menurut dia sehari sebelum Lebaran diprediksi masih ada masyarakat yang mau melakukan perjalanan mudik dari kota besar menuju Garut, terutama perjalanan saat malam hari dan dini hari.

"Untuk dini hari ada masyarakat yang masih berusaha untuk melakukan perjalanan mudik, namun kita putar balik di titik-titik penyekatan," katanya.

Ia menyampaikan kepolisian akan meningkatkan operasi penyekatan pada malam takbiran, kemudian akan meminta seluruh kendaraan roda dua maupun empat yang akan masuk Garut untuk putar balik.

"Anggota Polri bersama 'stakeholder' terkait sudah 'stand by' di titik-titik penyekatan untuk memutarbalikkan kendaraan yang akan mudik," katanya.