Sebelum Keluar dari Gedung Putih, Trump Tinggalkan Surat untuk Joe Biden

Sebelum Keluar dari Gedung Putih, Trump Tinggalkan Surat untuk Joe Biden
Donald Trump dan Melania Trump. (AP)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Juru bicara Judd Deere mengungkapkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah meninggalkan sebuah surat untuk penerusnya, Joe Biden yang dilantik pada Rabu (20/1/2021) waktu setempat. Tapi tidak jelas isi surat tersebut.

Hal itu disampaikan Judd Deere kepada AFP beberapa menit setelah Trump meninggalkan Gedung Putih pada Rabu pagi.

Sebagaimana diketahui, Trump, yang kerap menolak kekalahannya dalam pemilihan presiden 2020, tidak pernah memberi selamat kepada Biden atas kemenangannya.

Tapi empat tahun lalu, mantan presiden Barack Obama meninggalkan surat kepada Trump. Ia meninggalkan catatan itu di Oval Office, sesuai dengan tradisi kepresidenan.

"Kami hanya penghuni sementara di kantor ini," tulis Obama.

"Itu membuat kita menjadi pelindung dari institusi dan tradisi demokrasi yang diperjuangkan oleh leluhur kita. Terlepas dari dorongan dan tarikan politik sehari-hari, terserah kita untuk meninggalkan instrumen demokrasi kita setidaknya sekuat yang kita temukan," ucap dia.

Salah satu tradisi modern di Hari Inaugurasi Presiden AS yakni presiden yang lengser akan meninggalkan surat kepada penerus mereka.

Isinya dapat berupa harapan dan nasihat yang baik. Biasanya, surat itu akan diletakkan di Meja Resolusi (Resolute Desk) saat presiden baru memasuki Oval Office untuk pertama kali. (Jo)