Saingi Bitcoin, BI Akan Terbitkan Mata Uang Digital

Saingi Bitcoin, BI Akan Terbitkan Mata Uang Digital
Ilustrasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bitcoin kembali ramai dibicarakan. Namun, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menegaskan, Bitcoin tidak boleh digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia.

“Sejak awal kami tegaskan Bitcoin tidak sebagai (alat) pembayaran yang sah, demikian juga mata uang selain rupiah,” kata Perry saat Ekonomi Outlook 2021, Kamis (25/2/2021).

Di tengah kondisi tersebut, Perry mengungkapkan pihaknya bakal membuat Central Bank Digital Currency. Menurutnya saat ini mata uang digital bank sentral tersebut masih dirumuskan penyusunannya.

“Kami dalam proses merumuskan yang kami sebut Central Bank Digital Currency itu kami sedang rumuskan yang nanti kemudian BI akan terbitkan,” ujar Perry dikutip kumparan.

Dia mengatakan, rencananya mata uang digital tersebut bakal diedarkan melalui finansial technology (fintech) dan juga ritel. Ia memastikan BI bakal menggandeng pihak terkait termasuk bank sentral lainnya dalam pembuatan mata uang digital.

“Dalam konteks ini kami juga melakukan kerja sama dengan bank-bank sentral lain, kami antara bank sentral saling study untuk menyusun dan mengeluarkan Insyaallah ke depannya central bank digital currency,” paparnya.