Ribuan Mahasiswa di Lampung Unjuk Rasa Tolak Omnisbus Law

Ribuan Mahasiswa di Lampung Unjuk Rasa Tolak Omnisbus Law
Mahasiswa Lampung Unjuk Lampung (foto Akhmad Sadad-SP)

LAMPUNG, SENAYANPOST.com - Ribuan massa gabungan mahasiswa dan sebagian lainnya aliansi buruh di Provinsi Lampung melakukan unjuk rasa menolak pengesahan UU Cipta Kerja atau Omnisbus Law di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Rabu (7/10/2020).

Sebelum berdemonstrasi, ribuan mahasiswa se-Bandarlampung ini melakukan long march dengan rute Jalan A Yani-Jalan W Monginsidi menuju Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung.

Dalam orasinya, mahasiswa di Lampung mendukung buruh menolak UU Cipta Kerja yang sudah disahkan oleh DPR pada Senin (5/10/2020). "Kami mahasiswa di Lampung mendukung buruh menolak disahkannya omnisbus law," ujar perwakilan mahasiswa dalam orasinya.

Dalam aksi ini, satu anggota polisi terluka, setelah sejumlah diduga pelajar yang ikut dalam aksi demonstrasi memaksa masuk ke dalam area DPRD Lampung melalui Lapangan Korpri melempari anggota dengan batu, kayu dan juga botol air.

Mereka melempari anggota karena saat akan masuk ke area kantor DPRD Lampung terhalang oleh blokade kawat berduri dan halauan petugas. Satu anggota terluka di bagian mulutnya hingga berdarah terkena lemparan benda keras dari peserta aksi dan langsung diamankan rekannya untuk pertolongan pertama. 

Atas insiden ini polisi menurunkan water canon untuk membubarkan massa yang diduga pelajar itu. Sampai berita ini diturunkan, aksi demontrasi mahasiswa tersebut masih berlangsung. (WS)