La LIga

Real Madrid Menang 2-1 Lawan Barcelona

Real Madrid Menang 2-1 Lawan Barcelona
Getty Images/Angel Martinez

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Real Madrid menguasai puncak klasemen Liga Spanyol. Ini setelah El Real memenangi El Clasico kontra Barcelona dengan skor 2-1.

Pada pertandingan yang dihelat di Alfredo di Stefano Stadium, Ahad (11/4/2021) dini hari WIB, Madrid sudah memimpin dua gol tanpa balas di babak pertama lewat Karim Benzema dan Toni Kroos.

Barcelona lantas bangkit di babak kedua untuk mencari gol, tapi cuma berhasil mencetak sekali lewat Oscar Mingueza. Tak ada gol lagi tercipta sehingga Madrid berhasil melonjak ke posisi pertama klasemen Liga Spanyol dengan 66 poin dari 30 laga.

Total poin sama dengan Atletico Madrid, tapi unggul head-to-head. Barcelona tertahan di posisi ketiga dengan 65 poin.

Jalannya pertandingan 

Real Madrid langsung menekan sejak menit awal dan berupaya mengganggu jalannya bola Barcelona. Pada menit kedua, kesalahan umpan Marc-Andre Ter Stegen nyaris direbut Karim Benzema.

Madrid membuka keunggulan pada menit ke-13. Serangan cepat di sisi kanan mampu dibangun Federico Valverde yang ikut menusuk bersama Lucas Vazquez.

Vazquez kemudian memberikan umpan tarik yang bolanya dimasukkan ke gawang oleh tumit kanan Benzema. Unggul 1-0 membuat Madrid lebih nyaman menguasai laga.

Barcelona masih kesulitan untuk menciptakan peluang saat memegang bola. Yang ada gawang mereka kebobolan lagi di menit ke-28 oleh Kroos.

Kross mengeksekusi sepakan bebas tepat di depan kotak penalti, bola membentur punggung Sergino Dest dan meluncur deras ke pojok gawang, tanpa bisa dihalau Jordi Alba yang coba membuangnya.

Madrid nyaris menambah gol di menit ke-34 saat Valverde coba memberikan umpan silang yang malah mengarah langsung ke gawang. Bola membentur tiang dan rebound yang disambar Vazquez, mampu ditepis Ter Stegen.

Vazquez harus keluar digantikan Alvaro Odriozola pada menit ke-43 karena cedera. Di masa injury time babak pertama, Messi hampir menjebol gawang Madrid ketika dia berdiri bebas menyambut crossing Dembele. Courtois dengan cepat mengadangnya.

Masuk di babak kedua, Barcelona menaikkan intensitas serangan untuk bisa mencari gol. Antoine Griezmann dimasukkan menggantikan Sergino Dest sehingga Barcelona bermain dengan formasi 4-3-3.

Barcelona yang agresif menyerang baru bisa memangkas skor pada menit ke-60. Jordi Alba merangsek dari sisi kiri untuk memberikan umpan silang yang disepak Mingueza dari jarak dekat.

Dua menit setelahnya Vinicius menusuk ke pertahanan Barcelona dan mendapatkan ruang tembak. Bola diarahkan ke gawang tapi malah membentur tiang.

Madrid berupaya menambah gol lewat Vinicius yang diandalkan menusuk dari sayap. Kedua tim coba melakukan beberapa pergantian demi menyegarkan tim di 15 menit akhir pertandingan.

Tapi, tak ada peluang berbahaya dari kedua tim. Madrid malah harus kehilangan Casemiro yang mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-90, usai melanggar Mingueza.

Marcelo melakukan serangan balik pada menit ke-90 tapi begitu memasuki kotak penalti sepakannya terlalu lemah. Barcelona masih mengejar gol penyama kedudukan hingga akhir laga.

Satu gol nyaris didapat di detik akhir andaikan sepakan Iilai Moriba dari jarak dekat tak membentur mistar. Madrid tetap menang 2-1 ketika peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain

Real Madrid; Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Nacho, Eder Militao, Ferland Mendy; Casemiro, Toni Kroos (Isco 72'), Luka Modric, Fede Valverde; Vinicius Junior (Marcelo 72'), Karim Benzema (Mariano Diaz 72').

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo (Ilaix Moriba 72'), Oscar Mingueza, Clement Lenglet; Sergino Dest (Antoine Griezmann 46'), Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri, Jordi Alba; Ousmane Dembele (Martin Braithwaite 80'), Lionel Messi.