Rahayu Saraswati Jadi Pembicara KTT Youth 20 di Riyadh

Rahayu Saraswati Jadi Pembicara KTT Youth 20 di Riyadh
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Rahayu Saraswati Djojohadikusumo diundang menjadi salah satu pembicara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 yang berlangsung pada 15-18 Oktober 2020 di Riyadh Arab Saudi.  

Selain menjadi pembicara, Rahayu Saraswati juga didaulat sebagai Ketua Delegasi Indonesia.  

Terkait dengan undangan menjadi pembicara di KTT Youth 20, Rahayu mengaku dirinya mendapat undangan dari Saudi Presidency selaku penyelenggara. Namun, ia tidak mengetahui dasar mereka mengundang dirinya sebagai pembicara. 

"Tiba-tiba dua minggu lalu saya dihubungi dan diminta kesediaan saya sebagai speaker (pembicara) dari Saudi Presidency Komite yang menjadi penyelenggara," kata Rahayu dilansir kumparan, Jumat (16/10). 

Sementara berdasarkan informasi dari website youth20saudi.org, selain Rahayu Saraswati sejumlah tokoh internasional seperti Sekjen PBB Antonio Guterres, peraih Nobel Ekonomi 2010 Prof. Christopher Pissarides, hingga pemegang rekor dunia lari Usain Bolt juga akan menjadi pembicara itu. 

Dalam KTT Youth 20, Rahayu Saraswati akan berbicara dalam diskusi panel “The Grass Is Greener Youth Leading Sustainable Recovery" pada Sabtu (17/10) pukul 16.40 waktu Arab Saudi atau pukul 20.40 WIB. 

Selain Rahayu, Pedro Robledo dari Argentina dan Hiroshi Kuniyoshi dari Austria dengan moderator Rose Vennin dari Prancis akan menjadi pembicara di sana. 

KTT Youth 20 adalah forum diplomatik internasional bagi pemimpin muda. Dalam kali pertama, KTT Youth 20 diselenggarakan di kawasan negeri Arab, di Kerajaan Arab Saudi. 

KTT Youth 20 juga menandai puncak dari pekerjaan delegasi pemuda dari negara-negara G20. Para pemimpin muda akan menyumbangkan rekomendasi kebijakan agenda G20 untuk disampaikan kepada pemimpin G20 dalam bentuk pengumuman resmi Youth 20. 

Dalam informasi resmi KTT Youth 20, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo disebut sebagai Ketua Delegasi Indonesia dan Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Head of Indonesian Delegation, Deputy Mayor Candidate for South Tangerang Indonesia).  

Selain Rahayu, ada Staf Khusus Presiden Gracia Billy Mambrasar dan analis dari Bank Indonesia Tommy Aditya sebagai perwakilan delegasi Indonesia.