Pukul 11 Nanti, Jokowi Serahkan Nama Calon Kapolri ke DPR

Pukul 11 Nanti, Jokowi Serahkan Nama Calon Kapolri ke DPR

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Hari Rabu (13/1/2021) ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengirimkan nama alon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ke DPR RI.

Rencana ini dibenarkan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

Menurut Ahmad Sahroni, usulan dalam bentuk surat presiden (surpres) itu akan diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR sekitar pukul 11.00 WIB.

"(Surpres calon Kapolri diantar) jam 11.00 WIB infonya. Benar (diantar Pratikno), infonya demikian," kata Sahroni, saat dikonfirmasi, Rabu (13/1).

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid memprediksi surpres terkait calon Kapolri pengganti Idham akan dikirimkan oleh Jokowi pada Rabu Wage, berdasarkan penanggalan Jawa, atau 13 Januari. 

Menurutnya, Rabu Wage merupakan waktu yang baik dalam perhitungan budaya Jawa.

"Rabu Wage lebih bagus hitungannya, neptunya sebelas. Hitungannya Rabu angkanya tujuh dan Wage angkanya empat dijumlah jadi neptunya angka 11. Itu ilmu Jawa, ilmu titen namanya bersumber dari kebiasaan alam dan manusia," kata Jazilul, Senin (11/1).

Ia kemudian menyatakan bahwa Jokowi telah memilih Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri yang akan diusulkan Jokowi ke DPR.

Menurutnya, Listyo menjadi nama yang terpilih dari lima nama yang direkomendasikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) terkait calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. 

"Insya Allah satu nama. Pak Listyo Sigit Prabowo calon kuat dan pantas," ujarnya. (Jo)