Polisi Ungkap Praktik Jual Beli Bayi Seharga Rp5 Juta di Palembang

Polisi Ungkap Praktik Jual Beli Bayi Seharga Rp5 Juta di Palembang

SUMSEL, SENAYANPOST.com - Jajaran Polrestabes Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, menangkap empat pelaku praktik jual beli bayi perempuan yang baru berusia dua bulan seharga Rp5 juta.

"Unit Ranmor telah menangkap empat orang tersangka praktik jual beli bayi," kata Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Tri Wahyudi, dalam keterangannya, Rabu (27/10/2021).

Bayi itu dijual ibu kandungnya sendiri AN (25) warga Kecamatan Ilir Barat II, Kelurahan Kemang Manis kepada seorang laki-laki inisial G (37) warga Kelurahan Talang Jambi, Kecamatan Sukarami.

Bobi (26) suami siri A yang mendengar langsung pernyataan dari istri sirinya itu bahwa bayi mereka telah dijual ke orang lain, melaporkan kejadian ini ke Polrestabes Palembang.

Dalam kasus ini, polisi sudah mengamankan empat orang pelaku, termasuk AN ibu kandung bayi yang kasusnya saat ini sedang ditangani Unit PPA Polrestabes Palembang, sedangkan dua orang lagi masih DPO dan dalam pengejaran.

Baca Juga

Bayi yang dijual tersebut dilahirkan AN pada Selasa, 31 Agustus 2021 sekira pukul 13.25 WIB hasil pernikahan sirinya dengan Bobi. Setelah sempat tinggal di rumah orang tua AN, kemudian pasangan muda ini mengontrak di bedeng dua pintu tak jauh dari kediaman orang tuanya itu di Kecamatan Ilir Barat II.

Dengan membawa bayinya inisial S, AN mendatangi rumah R di Kelurahan Kemang Manis, Selasa, 19 Oktober 2021, sekira pukul 14.00 WIB. Di rumah R sudah ada inisial US, P dan G. Kepada AN, tersangka G mengatakan jika anaknya akan diurus seseorang yang masih berhubungan keluarga dengannya. 

Setelah bayi diserahkan, AN menerima sejumlah uang dan dihitung oleh P. Lalu, P memberikan uang kepada AN sebesar Rp5 juta. Tersangka US dan R meminta uang yang diterima AN, masing-masing kebagian uang Rp300 ribu dan R dapat Rp 700 ribu. 

Usai pertemuan itu, G menyerahkan bayi perempuan tersebut kepada salah satu anggota keluarganya. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi menemukan bayi ini di Danau Ranau.