Polisi di Empat Lawang Temukan Ladang Ganja Seluas 1,5 Hektar

Polisi di Empat Lawang Temukan Ladang Ganja Seluas 1,5 Hektar
Tim gabungan Satresnarkoba dan Satreskrim Polres Empat Lawang mengungkap keberadaan 1,5 hektar ladang ganja di kawasan Bukit Barisan di Talang Cugung Meranti, Kecamatan Ulu Musi, Kabupaten Empat Lawang. (Foto: Polres Empat Lawang)

SUMSEL, SENAYANPOST.com - Tim gabungan Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) dan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mengungkap keberadaan 1,5 hektar ladang ganja.

"Penggrebekan berawal dari informasi dari masyarakat. Lalu, tim bergerak dan melakukan perjalanan dengan medan yang cukup sulit sampai menempuh tujuh jam perjalanan ke lokasi," kata Wakapolres Empat Lawang, Kompol Hendri, SH., dalam keterangannya, Selasa (02/10/2021).

Ladang ganja yang ditanam di kawasan Bukit Barisan di Talang Cugung Meranti, Kecamatan Ulu Musi, Kabupaten Empat Lawang ini, ditemukan polisi pada Jumat (29/10/2021) lalu.

Di lokasi, polisi menemukan ratusan batang tanaman ganja dengan ketinggian rata-rata sekitar setengah meter yang dicampur atau diseling dengan kebun kopi. 

Dalam penggerebekan itu, tim gabungan mengamankan dua tersangka, yakni Subroto (38) dan anaknya berinisial BG (17), warga Desa Karang Gede, Kecamatan Sikap Dalam, Kabupaten Empat Lawang.

Baca Juga

Selain menyita sekitar 200 batang ganja, di lokasi polisi juga menemukan 12 bibit ganja yang masih di dalam polybag. 

Kepada polisi, tersangka mengaku sudah pernah panen ganja yang ditanamnya dan menjualnya kepada seseorang yang ada di Provinsi Bengkulu dengan harga Rp1,5 juta per kilogramnya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 111 dan 114 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman seumur hidup.