Klaim Batik dari Malaysia, Miss World Malaysia Menyesal dan Minta Maaf

Klaim Batik dari Malaysia, Miss World Malaysia Menyesal dan Minta Maaf
Lavanya Sivaji

JAKARTA, SENAYANPOST.com -  Miss World Malaysia, Lavanya Sivaji baru-baru ini terlihat mengunggah potret dirinya tengah memakai Batik di platform Instagramnya. Ia dengan bangga memperlihatkan batik dengan model gaun di tubuhnya itu. 

Namun, potretnya menggunakan Batik itu kemudian menuai kontroversi. Sebab, ia menulis bahwa Batik berasal dari negaranya, yakni Malaysia. 

“Bagi saya kain batik melambangkan keanekaragaman di antara orang Malaysia, denga berbagai warna, cetakan dan desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 buatan kain batik Malaysia," tulis Lavanya dilansir IntipSeleb pada Instagram @lavanyasivaji yang diunggah 20 Oktober 2021.

Sontak, dengan cepat warganet Indonesia langsung membanjiri akun Miss World Malaysia ini dengan cibiran dan hujatan. Mereka protes dan mengatakan bahwa Batik berasal dari Indonesia. 

“Batik dari Indonesia Kalik,” ucap netter.

”Seorang miss itu harus pintar agar bisa mempresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain, belajar lagi yok biar pintar,” sindir netter.

“FROM INDONESIA NOT MALAYSIA,” tegas netter.

Tulis Permintaan Maaf

Usai dibanjiri hujatan dan cibiran, Miss World Malaysia, Lavanya Sivaji kemudian memberikan klarifikasinya atas pernyataan yang menuai kontroversi itu. 

Ia menuliskan permintaan maaf dan menyebut bahwa telah menyinggung banyak orang khususnya warga Indonesia. Lavanya menambahkan bahwa ia bangga memakai Batik. Ia juga mengubah caption pada foto sebelumnya dan menghapus tulisan Batik berasal dari Malaysia. 

“Halo semuanya! untuk semua penggemar kontestan kecantikan khususnya dari Indonesia, pertama, saya ingin minta maaf jika banyak orang tersinggung lewat postingan saya, saya mengetahui bahwa Batik berasal dari Jawa dari desain dan sejarahnya,” tulis Lavanya. 

“Namun, ada beberapa bagian negara yang juga mempraktekkan elemen budaya termasuk Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motif mereka masing-masing, Baik itu Malaysia, Indonesia dan beberapa negara lainnya, Saya selalu bangga memakai Batik, dan saya berterima kasih kepada siapapun yang mengingatkan saya terhadap akar, budaya dan tradisi kita semua,” sambung Lavanya Sivaji usai dihujat klaim Batik dari Malaysia.

(intipseleb)