Penumpang Pesawat Kedatangan Internasional Wajib 3 Kali Tes PCR

Penumpang Pesawat Kedatangan Internasional Wajib 3 Kali Tes PCR

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Penumpang kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang harus melaksanakan tes PCR saat tiba di bandara tersebut.

Hal itu sejalan dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 74 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta (KKP) Darmawali Handoko mengingatkan agar penumpang internasional menjalani protokol kesehatan.

“Penumpang internasional tujuan Bandara Soekarno-Hatta harus menjalani tiga kali tes PCR. Pertama di negara asal, kemudian yang kedua di Bandara Soekarno-Hatta, lalu ketiga di lokasi karantina,” kata Darmawali Handoko dalam keterangannya, Minggu (19/9/2021).

Plt Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta, Y Gandoz mengatakan, surat edaran tersebut untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan terhadap penumpang pesawat rute internasional.

“SE Nomor 74 Tahun 2021 pada prinsipnya untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19 termasuk varian virus SARS-CoV-2 baru yang telah bermutasi menjadi varian Alpha, varian Beta, varian Delta, varian Gamma, dan varian MU (B.1.621) serta potensi berkembangnya varian baru lainnya,” ujar Gandoz.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menjelaskan, di Bandara Soekarno-Hatta, untuk melaksanakan ketentuan SE Nomor 74/2021, para stakeholders menetapkan prosedur baru untuk kedatangan internasional yang mulai diterapkan tanggal 19 September 2021 pukul 00.00 WIB.

Agus Haryadi menambahkan berdasarkan koordinasi yang telah dilakukan seluruh stakeholders, sejumlah checkpoint ditetapkan untuk menjalankan prosedur baru kedatangan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

Komandan Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Tek Sunu Eko P menuturkan, seluruh personel Satgas berkomitmen untuk menjaga penerapan SE Kemenhub Nomor 74/2021 dan prosedur kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun Board of Airlines Representative Indonesia (BARINDO) juga mendukung ketentuan di dalam SE Kemenhub Nomor 74/2021.