Penetapan Doktor Honoris Causa, Hendropriyono Sebut Megawati Pemimpin Strategis di Masa Kritis 

Penetapan Doktor Honoris Causa, Hendropriyono Sebut Megawati Pemimpin Strategis di Masa Kritis 
AM Hendropriyono menghadiri acara pengukuhan Doktor Honoris Causa Megawati Soekarnoputri (Foto/Istimewa)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Guru Besar Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Jenderal (Purn.) AM Hendropriyono tampak hadir pada pengukuhan gelar Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hari ini (11/6/2021). 

Kehadiran pakar intelijen ini tak lain sebagai sahabat dan teman dekat.

Hendropriyono mengatakan Megawati Soekarnoputri bisa menjadi contoh pemimpin yang memiliki strategi untuk keluar dari masa kritis.

Dia mengatakan Indonesia sering mengalami situasi kritis. Menurut dia, butuh terobosan untuk keluar dari situasi semacam itu. 

"Praktek ini bisa jadi satu ilmu baru yang sangat penting bagi kita, kepemimpinan strategis di masa kritis," katanya dilansir Tempo.

Dia berharap Mega bisa menjadi guru besar bukan hanya di Universitas Pertahanan. 

"Tapi di banyak universitas yang saya kira sangat diperlukan pengalaman kesuksesan dalam bingkai akademik," kata dia.

Sebelumnya, dalam orasi ilmiahnya, Megawati mengaku ada sejumlah universitas yang akan memberikan gelar doktor honoris causa, namun tertunda karena pandemi Covid-19. 

“Sebenarnya karena Covid-19 ini masih ada beberapa lagi yang menunggu untuk memberikan gelar doktor honoris causa dari dalam dan luar negeri,” kata Ketua Umum PDIP ini.