Pemprov Sumsel Segera Memusnahkan Ribuan Berkas Inaktif

Pemprov Sumsel Segera Memusnahkan Ribuan Berkas Inaktif

SUMSEL, SENAYANPOST.com - Pemerintah Provinsi (Pemrov) Provinsi Sumatera Selatan akan memusnahkan ribuan berkas dilingkup Pemrov Sumsel yang sudah dinyatakan inaktif atau tidak terpakai lagi.

Plh Sekda Sumsel, H Akhmad Najib, menegaskan agar dinas-dinas yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemusnahan arsip tersebut agar dapat benar-benar melakukan pengecekan terhadap arsip tersebut.

"Sebelum dimusnahkan, saya harap tim teknis harus dapat benar memastikan bahwa berkas yang akan dimusnahkan memang betul inaktif," kata Najib di Ruang Rapat Setdaprov Sumsel, Rabu (9/6/2021).

Menurutnya, pengecekan dan pemastian berkas-berkas itu perlu dilakukan agar tidak terjadi kekeliruan dalam mengeksekusi berkas yang akan dimusnahkan. "Hal ini jangan sampai ada kesalahan pemusnahan berkas yang akan memberikan masalah di kemudian hari," ungkap Najib. 

Untuk jumlahnya, ia minta harus dibuatkan berita acaranya serta dalam konteksnya memang betul tidak berguna. Berkas- berkas tersebut akan dimusnahkan dengan metode dibakar dan dilakukan secara bertahap agar tidak mencemari lingkungan sekitar dengan asap pembakaran.

Adapun jumlah arsip inaktif Pemprov Sumsel Tahun 2021 sebanyak 1.384 berkas, dengan rincian di Dinas Kehutanan 107 berkas, Dinas Perdagangan 75 berkas, Dinas Kearsipan 96 berkas serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 84 berkas. 

Kemudian, untuk di Dinas Kesehatan ada 724 berkas, Dinas Kelautan dan Perikanan 107 berkas, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman 150 berkas dan Badan Kepegawaian Daerah sebanyak 41 berkas. (Jo)