Pemkot Bandung Masih Menunggu Petunjuk Teknis PSBB Jawa-Bali

Pemkot Bandung Masih Menunggu Petunjuk Teknis PSBB Jawa-Bali
PRFM News - Pikiran Rakyat

BANDUNG, SENAYANPOST.com - Petunjuk pelaksanaan teknis pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diinisiasi pemerintah pusat untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali masih ditunggu oleh pihak Pemerintah Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan pihaknya belum menerima secara resmi surat apapun terkait dengan PSBB tersebut.

"Kita juga tetap menunggu kebijakan langsung dari pusat, kebijakan itu bakal muncul turunannya, bukan berarti saya tidak merespon," katanya di Bandung, Kamis (7/1/2021).

Meski masih menunggu, ia menjelaskan, tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Bandung tetap akan memulai pembahasan terkait persiapan PSBB tersebut. 

Menurutnya, akan ada banyak aspek yang bakal dibatasi ketat sesuai dengan PSBB tersebut guna membatasi mobilitas masyarakat demi meminimalisir penyebaran COVID-19.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan beberapa aspek yang dibatasi itu mulai dari jam operasional sektor bisnis, pembatasan lintas batas, dan penutupan jalan.

"Kenapa Bandung jadi salah satu yang PSBB, mungkin karena dari faktor kematian, atau ruang isolasi, tingkat konfirmasi selalu ada," kata Ema.

Ia menambahkan, "Kalau saya cermati ini juga terjadi di setiap kota besar yang ada di Jawa dan Bali, dan Bandung masuk di dalamnya."