Pembukaan Olimpiade Tokyo, Defile Indonesia 10 Orang, Ini Daftarnya

Pembukaan Olimpiade Tokyo, Defile Indonesia 10 Orang, Ini Daftarnya

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Indonesia mengirim 10 orang dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, sesuai jadwal pertandingan atlet, pada Jumat (23/7/2021) malam. 

Dengan jumlah tersebut, hanya atlet dan pelatih yang tidak menjalani pertandingan saja yang akan ikut pembukaan. Berdasarkan jadwal pertandingan atlet Indonesia di Olimpiade 2020, hanya tiga cabang olahraga yang memungkinkan hadir.

Ketiga cabang olahraga tersebut adalah renang, angkat besi, dan surfing. Namun untuk tim pelatih statusnya agak berbeda dari atlet. Pelatih dari cabang olahraga panahan dan bulu tangkis masih bisa menjadi bagian defile Indonesia.

Pada Sabtu (24/7) atlet Indonesia yang akan tampil terdiri dari cabang olahraga bulurangkis, panahan dan menembak. Sehari setelahnya, Minggu (25/7) giliran atlet renang, angkat besi, dan rowing yang akan mulai berjuang.

Dari enam cabang olahraga tersebut, tiga di antaranya berpeluang menyumbang medali untuk Indonesia, Ketiga cabang olahraga yang akan mempertandingkan perebutan medali adalah menembak, panahan, dan angkat besi.

Pertama dari nomor menembak 10 meter air rifle putri, lewat Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba, di Lapangan Tembak Asaka, Tokyo. Jika lolos babak kualifikasi, Vidya akan berlaga di pertandingan perebutan medali pada pukul 08.45 WIB.

Kedua dari nomor panahan beregu campuran. Pada nomor ini Riau Ega Agata Salsabila akan berduet dengan Diananda Choirunisa. Nomor ini akan dimulai dari babak 64 besar, 32 besar, 16 besar, 8 besar, semifinal, dan final.

Ketiga dari nomor angkat besi kelas 49 kilogram putri, lewat Windy Cantika Aisah. Windy diharapkan meneruskan supremasi atlet angkat besi putri di Olimpiade sebelumnya, seperti Lisa Rumbewas, Sri Indriyani, Winarni, Citra Febrianti, dan Sri Wahyuni.

Berikut ini daftar nama defile Indonesia dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 yang akan berlangsung di Stadion Nasional Jepang pada Jumat (23/7):

1. Chef de Mission: Rosan P Roeslani
2. Atlet renang: Aflah Fadlan Prawira
3. Atlet renang: Azzahra Permatahani
4. Atlet angkat besi: Nurul Akmal
5. Atlet surfing: Rio Waida
6. Pelatih angkat besi: Dirdja Wihardja
7. Pelatih surfing: Tipi Jabrik Noventin
8. Pelatih panahan: Permadi Sandra Wibowo
9. Pelatih renang: Donny Budiarto Utomo
10. Pelatih bulu tangkis: Rionny Mainaky. (Jo)