Pembangunan TOD Walini Mangkrak, KBB Manfaatkan Stasiun Padalarang

Pembangunan TOD Walini Mangkrak, KBB Manfaatkan Stasiun Padalarang
iNews Jabar

NGAMPRAH, SENAYANPOST.com - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih menunggu kepastian terkait pembangunan Transit Oriented Development (TOD) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB) di Kawasan Walini. 

"Pembangunan TOD Walini memang belum ada kepastian ditunda atau akan dilanjutkan. Tapi kita mengambil keuntungan dengan dikembangkannya Stasiun Padalarang menjadi stasiun singgahan bagi Kereta Cepat," kata Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan di Ngamprah, Selasa (26/10/2021). 

Ia menjelaskan, saat ini pihak PT KCIC menunda sementara proyek TOD Walini karena fokus mengejar target operasi di akhir tahun 2021. Untuk pemberhentian sementara, PT KCIC membangun stasiun di kawasan Padalarang.

Menurut Hengky, pengembangan Stasiun Padalarang menjadi keuntungan karena akan berimbas kepada ekonomi masyarakat. Sebab penataan kawasan Stasiun Padalarang nantinya akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. 

Pemerintah KBB sendiri, akunya, sedang melakukan kajian di sekitar Stasiun Padalarang untuk memperluas jalan ke kantor pemda dan untuk penataan di sekitar Jalan Simpang Panaris dan Gedong Lima agar membentuk konsep yang bisa ditawarkan ke investor untuk pengembangannya.

Baca Juga

"Bagaimanapun ini kan proyek strategis nasional jadi ada pembagian tugas dan kewenangan pusat, provinsi, dan kabupaten. Saya pun sudah bertemu Direktur Sapras Kemenhub yang menyebutkan, Stasiun Padalarang jadi stasiun tambahan kereta cepat," tutupnya.