Operasi Ketupat Progo 2021 Berakhir, 8.000 Kendaraan Diputar Balik

Operasi Ketupat Progo 2021 Berakhir, 8.000 Kendaraan Diputar Balik

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - Dari 27.705 kendaraan yang dihentikan untuk diperiksa, hampir 8.000 di antaranya diperintahkan putar balik karena tidak memenuhi syarat masuk dalam penyekatan.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, Selasa (18/5/2021) di Yogyakarta mengatakan penyekatan dilakukan di perbatasan propinsi wilayah Yogyakarta yakni Prambanan, Tempel dan Kulonprogo. Sedangkan di dalam kota akan dilaksanakan pengamanan dan pelayanan swab antigen secara random bagi masyarakat. 

Yuliyanto mengemukakan,  di pos-pos penyekatan akan dilakukan seleksi kendaraan yang diduga berasal dari luar kota maupun berplat luar kota Yogyakarta, yang nantinya akan diputar balik kembali ke wilayah asal. 

Polda DIY, ujarnya juga melakukan Rapid tes Antigen secara random terhadap para pengendara yang melewati pos check point selama Operasi Ketupat Progo 2021 sejumlah 5136 orang dengan hasil negatif sebanyak 5130 orang dan positif sebanyak 6 orang. 

Sedangkan pelanggaran lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Ketupat Progo, jelasnya, sebanyak 7.994 orang dikenai tindakan nonjustisi, teguran 6.256, dan tidak ada tilang.

“Meski secara umum kondisi kamtibmas aman dan terkendali namun terjadi pula delapan kasus curat, satu kasus curas tujuh kasus ciranmor, 12 kasus penganiayaan berat dan satu kasus kenakalan remaja.” ujarnya. (AS)