Ombudsman Jabar Bantu Pemkot Bandung Optimalkan Pelayanan Publik

Ombudsman Jabar Bantu Pemkot Bandung Optimalkan Pelayanan Publik
Wali Kota Bandung Oded M Danial

BANDUNG, SENAYANPOST.com - Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan publik, Ombudsman Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan Ombudsman menyorot 3 poin dalam pelayanan publik Pemkot Bandung, yaitu pelayanan Kependudukan, pelayanan Perizinan, dan Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

"Jadi spiritnya untuk pencegahan, serta siap untuk memberikan supervisi dalam optimalisasi pelayanan publik Kota Bandung," kata Oded dalam keterangan resminya di Kota Bandung, Jumat (24/9/2021).

Untuk PPDB sendiri, ia mengakui sudah ada perbaikan dari kondisi tahun sebelumnya. Sama halnya dengan pelayanan kependudukan oleh Disdukcapil yang juga semakin membaik. 

Menurutnya, masalah yang paling sering dikeluhkan pada pelayanan Kependudukan adalah pengurusan Kartu Keluarga. "Disdukcapil sudah baik, karena pelayanan yang paling banyak ada di Disdukcapil," ujarnya.

Baca Juga

Selain itu, Oded memberikan instruksi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus meningkatkan layanan langsung kepada Masyarakat, serta meningkatkan kolaborasi dengan Ombudsman.

"Karena kan Ombudsman siap melakukan supervisi, Kolaborasinya harus ditingkatkan. Kalau sifatnya supervisi itu membimbing kita (Pemkot) diharapkan bisa mencapai apa yang diharapkan," tutup Oded. (Jo)