Nissan Hentikan Produksi dan Penjualan Navara

Nissan Hentikan Produksi dan Penjualan Navara
Nissan Navara

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Setiap tahun ada kendaraan yang harus dihentikan produksinya, karena tidak lagi diminati oleh konsumen. Jenisnya mulai dari sepeda motor, hingga mobil.

Hal itu perlu dilakukan oleh pabrikan, karena jika diteruskan maka hanya akan membebani biaya produksi dan pengeluaran lainnya saja. Keuntungan yang didapat, tidak cukup untuk menutupi modal yang dikeluarkan.

Meski berat, namun keputusan itu harus diambil. Salah satu perusahaan yang akan melakukan itu pada akhir tahun ini, adalah Nissan. Dari laman Paultan, Rabu 9 Juni 2021, Nissan berencana untuk menyudahi produksi dan pemasaran salah satu model andalan mereka, yakni Nissan Navara.

Kendaraan berpenampilan gagah itu masuk dalam kategori pikap kabin ganda, dan di Indonesia menjadi favorit kaum kaya yang hobi memodifikasi kendaraan. Namun, perusahaan asal Jepang itu tidak akan melakukannya secara global. Proses penghentian penjualan hanya akan dilakukan di Eropa saja.

Langkah itu bersamaan dengan akan ditutupnya pabrik Nissan di Barcelona, Spanyol yang menjadi basis produksi Navara untuk wilayah tersebut. “Produksi Navara untuk pasar Eropa bakal dihentikan, saat pabrik kami di Barcelona ditutup pada Desember 2021,” ujar perusahaan.

Meski demikian, Nissan tetap memiliki pilihan untuk mendatangkan Navara dari pabrik mereka yang ada di Thailand. Saat ini, pabrik tersebut memproduksi unit untuk dikirim ke berbagai negara.

Sebagai informasi, Navara juga pernah dipasarkan di Indonesia namun saat ini tidak lagi tersedia di laman resmi Nissan. Mobil ini dibekali mesin empat silinder 2.500cc diesel, yang menghasilkan tenaga 163 daya kuda. Harga jualnya ada di kisaran Rp400 jutaan.