NASA Ucapkan Selamat Robot Cina Kirim Foto Pertama dari Mars

NASA Ucapkan Selamat Robot Cina Kirim Foto Pertama dari Mars
Xinhua

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Badan Antariksa Nasional Cina telah merilis bukti pendaratan misi Tianwen-1 di Mars. Mendarat pada Sabtu lalu, bukti baru diberikan berupa rekaman gambar dan video pada Rabu 19 Mei 2021.

Dua foto pertama menunjukkan persiapan peluncuran robot penjelajah Zhurong dari platform wahana pendaratnya untuk menjejak tanah Mars. Yang pertama, foto hitam putih, diambil dari kamera yang berada di bagian depan Zhurong. Tanah yang akan dijejaknya tampak sangat jelas di hadapan robot itu, dan lanskap Mars terlihat melengkung karena penggunaan lensa sudut lebar.

Foto yang kedua adalah foto berwarna, diambil dari kamera navigasi yang terpasang di bagian belakang Zhurong. Foto ini merekam panel surya dan antena dari wahana robotik ini yang sudah terkembang. Tanah dan bebatuan Mars terlihat lebih jelas lagi di foto yang kedua ini.

Tianwen-1 juga mengirim dua video. Keduanya yang diambil dari kamera di pesawat antariksa yang mengorbit Mars merekam ketika wahana pendarat dan robot penjelajah dilepaskan untuk proses pendaratan.

Gambar dan video tersebut menjawab keraguan sebagian kalangan ketika Cina mengumumkan keberhasilan dalam pendaratan di misi pertamanya ke Mars pada Sabtu lalu. Secara keseluruhan, seperti keterangan yang diberikan sebelumnya, proses entry secara otonom oleh wahana pendaratan tersebut memakan waktu sembilan menit.

"Selamat kepada Badan Antariksa Nasional Cina untuk gambar-gambar pertamanya dari robot penjelajah Mars, Zhurong!" kata Adminitrator Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Bill Nelson, Kamis 20 Mei 2021.

Menurut Nelson, Amerika Serikat dan dunia menunggu temuan-temuan oleh Zhurong yang akan menambah maju pengetahuan manusia tentang Planet Mars. "Saya berharap temuan-temuan internasional di masa depan yang akan membantu informasi dan pengembangan kemampuan yang dibutuhkan untuk manusia bisa menginjakkan kaki di Mars," katanya menambahkan.

Tianwen-1 adalah misi antarplanet kedua Cina tapi yang pertama yang dilakukan secara solo. Misi yang pertama, Phobos-Grunt, berkolaborasi dengan Rusia pada 2011. Misi itu gagal menembus ke luar orbit Bumi.

Cina juga menjadi negara ketiga di Bumi setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat yang pernah mendarat di Planet Merah itu. Catatan untuk Uni Soviet, misi wahana penjelajahnya di Mars pada 1971 lalu hanya berumur dua menit sebelum komunikasi dengan pengendalinya di Bumi langsung terputus.