Mulai 29 September, Tarif Tol JORR Jauh Dekat Rp15 Ribu

Mulai 29 September, Tarif Tol JORR Jauh Dekat Rp15 Ribu

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pengendara yang biasa melintas di tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) harus merogoh kocek lebih dalam. Mulai 29 September nanti, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) menyebut integrasi tarif tol JORR menjadi jauh dekat Rp15 ribu.

“Sejak awal kami bilang akhir September, direncanakan 29 September 2018,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (21/9).

Herry mengungkapkan saat integrasi tersebut dilakukan, transaksi sejumlah gerbang tol akan disatukan. Skemanya seperti pengalihan transaksi Gerbang Tol (GT) Kayu Besar ke GT Kamal 1 dan GT Kamal 3 yang dilakukan pada 24 Maret 2018 lalu.

“Pada saat GT dihilangkan, pengendara langsung lewat saja tidak ada transaksi di situ tetapi di GT masuk harus transaksi,” jelasnya.

Sebelumnya beredar kabar implementasi tarif tol JORR jauh dekat Rp15 ribu bakal diberlakukan besok, 22 September 2018. Namun, kabar tersebut dibantah PT Jasa Marga Tbk.

Pemerintah sebelumnya sudah dua kali membatalkan rencana penerapan tarif tol JORR jauh dekat Rp15 ribu, yakni pada 13 Juni 2018 dan 20 Juni 2018 lalu.

Pembatalan impelementasi penyatuan tarif ini dilakukan lantaran banyak pihak yang kontra terhadap kebijakan tersebut.

Guna menghindari kesan penyatuan tarif tol dilakukan untuk mengerek pendapatan BUJT, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sempat mengkaji untuk memberikan diskon tarif tol kepada pengendara yang terpaksa membayar lebih besar dari sebelumnya.

Rencananya, penyatuan tarif tol akan berlaku untuk Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), dan Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir).Kebijakan tersebut juga akan berlaku ke Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.

Rencananya tarif tol JORR jauh dekat akan ditetapkan Rp15 ribu untuk golongan I, Rp22.500 untuk golongan II dan III, serta Rp30 ribu untuk golongan IV dan V.