Motor Trail Honda Akan Dilengkapi Sistem Suspensi Cerdas

Motor Trail Honda Akan Dilengkapi Sistem Suspensi Cerdas

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Motor trail besutan Honda nantinya akan dilengkapi oleh sistem suspensi cerdas, yang bekerja secara otomatis untuk menambah kenyamanan penggunanya. Hal itu terungkap setelah produsen otomotif asal Jepang tersebut mengajukan paten teknologi suspensi sepeda motornya.

Motor trail Honda CRF450R diperkirakan akan menjadi tipe perdana yang menggunakan peredam kejut terkomputerisasi itu. Teknologi suspensi baru yang dikembangkan Honda, seperti diwartakan RideApart Jumat (27/9/2019),bekerja dengan bantuan sensor dan otak komputer.

Sensor akan bertugas memindai medan yang akan dilewati sepeda motor, mengirim hasil pindai ke komputer, dan setelah data dianalisis, komputer akan mengatur suspensi bekerja sesuai medan yang akan dilewati.

Suspensi cerdas yang dipatenkan Honda itu tentu saja akan sangat membantu pengendara yang gemar berpetualang di medan off road. Pasalnya suspensi sepeda motor akan secara otomatis menyesuaikan diri sesuai medan yang dilibas.

Sistem suspensi aktif bukanlah barang baru di dunia otomotif. Sebelumnya ada beberapa teknologi menyerupai paten Honda, meski lebih banyak untuk mobil.

Baca Juga

Sebagai contoh, BMW memiliki suspensi elektronik yang tersemat pada motor petualangnya. Suspensi motor juga dapat menyesuaikan secara otomatis pada saat bermanuver.

Sementara itu, Mercedes-Benz menggunakan sensor visual di mobilnya. Teknologi Road Surface Scan yang dimiliki mengandalkan kamera agar sistem suspensi bisa segera membaca dan meredam guncangan.