Mengerikan, Tornado Api Sapu California Utara

Mengerikan, Tornado Api Sapu California Utara
BBC

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Tornado api terekam video saat kebakaran Tennant di California utara. Ini adalah salah satu tanda terbaru dari cuaca ekstrem yang mengancam wilayah barat Amerika Serikat (AS).

Saat ini kawasan itu menghadapi kekeringan parah dan suhu panas tertinggi. Meskipun jarang, fenomena tornado api serupa pernah terekam video dalam beberapa tahun terakhir.

Tornado api itu muncul akibat kebakaran dan tiupan angin puting beliung.

Dinas Kehutanan AS merekam video pusaran api yang mengerikan itu. “Kolom pusaran berputar dari udara panas dan gas yang naik dari api pada 29 Juni dalam kebakaran Tennant di Hutan Nasional Klamath, dekat perbatasan Oregon,” papar pernyataan Dinas Kehutanan AS.

“Pusaran api membawa asap, puing-puing dan api ke atas,” ungkap Dinas Kehutanan AS.

Dalam video yang mencengangkan, asap hitam tebal dengan cepat berkumpul dan berputar di dekat api, hampir sepenuhnya menutupi truk penyelamat di kejauhan.

“Pusaran api cukup kuat untuk ditangkap radar National Weather Service,” ungkap ahli meteorologi Charles Smith dari Medford.

Smith tidak bisa mengatakan berapa lama pusaran yang terlihat itu berlangsung, tetapi mencatat radar menangkap rotasi sebanyak 30 menit.

“Pusaran api belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi mereka di sisi yang lebih jarang," ungkap dia.

Kapten Tom Stokesberry bersama tim insiden kebakaran Tennant mengatakan itu adalah salah satu dari pertama kali pusaran seperti itu terdata di radar dan terekam dalam video.

Dia mencatat bahwa beberapa pohon tumbang oleh tornado api tersebut.

“Pada Kamis pagi, kebakaran Tennant telah menghanguskan lahan seluas 10.580 hektar dan 81% dapat dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran telah membelokkan api,” ujar Stokesberry.

Namun, pusaran api itu adalah tanda lain dari kondisi cuaca berbahaya yang mengancam negara bagian yang kering, di mana beberapa kebakaran hutan besar lainnya telah tersulut.

Kebakaran Lava seluas 25.000 hektar di Hutan Nasional Shasta-Trinity adalah kebakaran terbesar di negara bagian tahun ini sejauh ini. “Sekarang 70% dapat diatasi,” papar para pejabat.

“Kebakaran Salt, juga di Shasta-Trinity, menghanguskan lahan 12.644 hektar dan 35% dapat ditangani pada Kamis pagi,” ungkap Dinas Kehutanan.

Kebakaran itu terjadi pada 30 Juni dan terus menghancurkan lebih dari dua lusin rumah.

Lebih jauh ke selatan, kebakaran Kompleks Beckwourth di Plumas County terus membakar hutan belantara.

“Yang lebih besar dari dua kobaran api, kebakaran Sugar, hampir empat kali lipat dalam semalam,” ungkap juru bicara badan darurat Phyllis Ashmead.

Kebakaran Sugar membengkak dari sekitar 3.000 hektar menjadi 11.799 hektar padaKamis pagi. 20% dapat ditangani.

“Suhu yang sangat hangat dan angin barat daya dibarengi dengan medan dan vegetasi, jadi sangat cocok untuk kebakaran,” ungkap Ashmead.

Para kru bekerja keras pada Kamis pagi untuk memanfaatkan kondisi yang lebih tenang sebelum hembusan angin 30 mil per jam kembali terjadi di sore hari.

Kantor Sheriff wilayah Plumas telah mengeluarkan perintah evakuasi wajib tambahan untuk Frenchman Lake, termasuk semua perkemahan dan penduduk di sekitar danau.

Perintah itu merupakan tambahan dari perintah evakuasi yang dikeluarkan sebelumnya untuk penduduk dari Beckwourth Genesee Road ke Harrison Ranch Road.

“Yang lebih kecil dari dua kebakaran Beckwourth, kebakaran Dotta, menghanguskan 670 hektar dan 76% dapat ditangani,” ungkap Ashmead.

Sementara itu, kebakaran Tumbleweed seluas 868 hektar di utara Los Angeles County hampir sepenuhnya dapat dipadamkan, menurut Departemen Pemadam Kebakaran LA County. Semua penutupan jalan dan evakuasi area rekreasi telah dicabut.