Marcus/Kevin Tumbang di Babak Pertama All England 2019

Marcus/Kevin Tumbang di Babak Pertama All England 2019

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tumbang 19-21, 21-19, dan 17-21 saat menghadapi Liu Cheng/Zhang Nan dalam babak pertama All England 2019 di Birmingham Arena, Rabu (6/3) malam WIB.

Kevin mengawali laga dengan memberi keunggulan 1-0 atas pasangan China lewat sambarannya. Namun poin perdana tidak berarti laga menjadi mudah bagi Minions.

Liu/Zhang menampilkan perlawanan yang cukup alot, serta menunjukkan kualitas permainan yang apik dalam menyerang sehingga merepotkan Marcus/Kevin. Kedua pasangan kerap silih berganti dalam memimpin perolehan poin yang hanya berselisih satu poin saja.

Setelah skor 8-8, Marcus/Kevin berhasil meraih dua poin dan membuat mereka menjauh. Jarak sempat dipangkas, tetapi juara Malaysia Masters dan Indonesia Masters 2019 itu mampu memimpin 11-9 pada saat interval.

Liu/Zhang yang mempertipis poin setelah jeda lantas ditinggal empat angka oleh Marcus/Kevin. Keunggulan 14-10 yang dibukukan pasangan pelatnas PBSI itu gagal dimanfaatkan dengan baik lantaran Liu/Zhang kemudian meraih tiga poin beruntun.

Baca Juga

Sempat menjauh kembali dengan skor 15-13, pasangan China kemudian menyamakan kedudukan memanfaatkan kesalahan individu Marcus/Kevin. Skor kemudian juga kembali imbang di angka 16, 17, 18, dan 19.

Pengembalian Kevin yang melebar membuat sang juara bertahan tertinggal 19-20. Pertahanan yang baik yang ditutup dengan pengembalian jitu dari Liu/Zhang membuat Marcus/Kevin kalah 19-21 di gim pertama.

Pada gim kedua Marcus/Kevin tertinggal sejak awal laga dengan jarak yang tidak terlalu jauh, 0-1 hingga 3-4. Jarak sempat melebar menjadi tiga poin, tetapi Marcus/Kevin berhasil meraih tiga poin beruntun dan menyamakan kedudukan menjadi 6-6.

Juara All England dalam dua tahun terakhir itu baru berhasil membukukan keunggulan pada skor 8-7 hingga memimpin 11-8 pada interval gim kedua.

Perolehan poin Marcus/Kevin terus terjadi hingga skor 13-8. Tertinggal lima angka tidak meruntuhkan mental pasangan China yang kemudian meraih tiga poin beruntun.

Keunggulan pasangan nomor satu dunia itu kemudian menjaga keunggulan dua poin dan baru memperlebar jarak ketika skor menunjukkan 18-14.

Marcus/Kevin sempat membukukan keunggulan 20-17 namun Liu/Zhang sempat menyamakan kedudukan sampai akhirnya dua poin penting diraih Marcus/Kevin untuk memastikan kemenangan 22-20 di gim kedua.

Situasi perolehan poin di gim ketiga kembali berlangsung ketat. Unggul 2-0, Marcus/Kevin kemudian tertinggal 2-4 dan menyamakan poin menjadi 4-4 sebelum kembali dalam posisi mengejar 4-6.

Liu/Zhang selanjutnya mampu menjauh dan membukukan keunggulan empat angka dan Marcus/Kevin tertinggal 7-11 pada interval.

Selepas rehat, Marcus/Kevin berupaya memperpendek selisih poin. Usaha keduanya kerap terhalang kesalahan-kesalahan dalam pengembalian, baik melebar maupun mengenai net sehingga maksimal hanya mampu berjarak dua poin.

Ketertinggalan 17-21 memastikan Marcus/Kevin kalah di babak pertama All England 2019 dan gagal mempertahankan gelar yang sudah diraih pada 2017 dan 2018.