Liga Europa

Manchester United Lolos ke Final, Arsenal Gigit Jari

Manchester United Lolos ke Final, Arsenal Gigit Jari
Arsenal vs Villarreal

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Setelah menyingkirkan perlawanan sengit wakil Italia, AS Roma, dengan agregat 8-5 di babak semifinal,  Manchester United memastikan lolos ke babak final Liga Eropa.

Tim berjuluk Setan Merah itu harus mengakui keunggulan Serigala Ibukota dengan skor 3-2 pada semifinal leg kedua di Stadio Olimpico, Jumat (7/5/2021) dini hari WIB.

Manchester United sebelumnya memetik kemenangan cukup telak 6-2 atas AS Roma di Old Trafford pada pertemuan pertama di babak semifinal, Jumat (30/5).

Penyerang asal Uruguay, Edinson Cavani lagi-lagi jadi pahlawan Setan Merah di semifinal leg kedua berkat sepasang golnya, menit 39 dan 68. Sedangkan dua gol AS Roma dicetak Edin Dzeko (57') dan Cristante (60').

Jalannya pertandingan, Solskjaer membuat tiga perubahan dalam skuat Manchester United dari kemenangan 6-2 di Old Trafford.

Eric Bailly turun menggantikan Victor Lindelof, sementara Donny Van de Beek mendapatkan kembali menit bermain untuk membuktikan kapasitasnya dengan mengisi posisi Scott McTominay.

Dan satu lagi Mason Greenwood yang baru saja mencatatkan penampilan ke-100 untuk menggantikan Rashford.

AS Roma hampir membuka keunggulan pada menit ke-3 dari skema tendangan penjuru, tapi sayang sundulan Mkhitaryan masih melebar dari gawang De Gea.

Tim besutan Paulo Fonseca tampil lebih dominan dalam 10 menit pertama dengan menghasilkan beberapa peluang berbahaya ke gawang De Gea.

Pada menit ke-14, Pedro memiliki kesempatan setelah berhasil mencuri bola dari kaki Paul Pogba.

Namun karena terburu-buru, tendangannya dari luar kotak penalti masih melambung dari gawang Manchester United.

Manchester United memiliki peluang emas pada menit ke-20 saat Edinson Cavani menerima umpan akurat dari rekannya. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Roma, Mirante, Cavani memilih dengan menchip bola.

Tapi sayang, bola membentur mistar gawang dan menggagalkan gol pembuka Manchester United.

Hanya selang dua menit, Cavani kembali menjadi aktor protagonis AS Roma.

Dia mendapat umpan dari rekannya yang kemudian diteruskan dengan tembakan ke arah gawang Roma, tetapi masih bisa digagalkan Mirante.

Menit ke-28, petaka AS Roma datang, salah satu pilar pertahanan mereka, Chris Smalling tak bisa melanjutkan permainan dan digantikan dengan Darboe.

Menit ke-34, David De Gea melakukan penyelamatan gemilang dari gempuran serangan tim Serigala Ibu Kota.

Tendangan keras Pellegrini dari jarak dekat di kotak penalti Manchester United berhasil dia tepis.

Upaya anak asuh Solskjaer untuk membuka keunggulan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39.

Bermula dari Fred yang berlari dan menggiring bola lepaskan umpan ke arah Cavani yang berdiri bebas tanpa kawalan. Tinggal satu lawan satu dengan Mirante, Cavani lepaskan tembakan keras yang mengarah ke kanan gawang Roma.

Gol tersebut sempat dianulir karena berbau offside. Tapi setelah melihat tayangan ulang VAR wasit mengesahkan gol Cavani.

Seusai turun tepatnya menit ke-57, AS Roma memangkas ketertinggalan agregat saat umpan Pedro berhasil disundul Dzeko untuk menjebol gawang De Gea. Agregat menjadi 3-7.

Berselang 5 menit dari gol pertama, AS Roma menggandakan keunggulan melalui Bryan Cristante setelah tembakannya berhasil masuk ke gawang De Gea. Agregat menjadi 4-7.

Saat AS Roma terus berupaya mengejar defisit gol, Edinson Cavani hadir sebagai momok melalui gol kedua yang ia cetak menit ke-69 melalui sundulan setelah menerima umpan Bruno.

Jelang akhir laga tepatnya menit ke-83, AS Roma kembali berhasil mencetak gol ketiganya di pertandingan ini melalui Zalewski. 

Meski AS Roma mampu mempertahankan keunggulan 3-2 hingga akhir laga, mereka harus memupus harapan melalui ke partai final. Sebab, Manchester United tetap unggul secara agregat dengan hasil akhir 8-5.

Susunan pemain AS Roma vs Manchester United

Roma XI: Mirante, Karsdorp, Smalling, Ibanez, Peres, Cristante, Mancini, Pedro, Pellegrini, Mkhitaryan, Dzeko. Pelatih: Paulo Fonseca

Manchester United XI: De Gea, Wan-Bissaka, Bailly, Maguire, Shaw, Van De Beek, Fred, Greenwood, Bruno Fernandes, Pogba, Cavani. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer. (Jo)