Kim Jong-un Disebut Makin Kurus, Kenapa Ya?

Kim Jong-un Disebut Makin Kurus, Kenapa Ya?
Kim Jong-un (Foto/Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un lagi-lagi membetot perhatian. Ia disebut makin kurus setelah foto terbarunya beredar, dengan lingkar tali jam yang lebih kecil, mengindikasikan adanya penurunan berat badan yang signifikan.

Dalam beberapa waktu belakangan, kondisi kesehatan Kim Jong Un memang selalu jadi sorotan. Beberapa kali ia dirumorkan mengalami operasi jantung, bahkan sempat dikabarkan mengalami koma.

Rumor terbaru terkait berat badan kembali memunculkan spekulasi tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan, Kim Jong Un memang sengaja menurunkan berat badan demi menjaga kesehatannya.

Adalah NK News, situs berita berbasis di Seoul, yang mempublikasikan rangkaian foto terbaru Kim Jong Un dengan jam tangan mewah favoritnya, IWC Portofino. 

Dalam foto tersebut, lingkar tali jam yang dikenakannya tampak lebih kecil dibanding pada foto-foto terdahulu.

Analis menyebut hal itu menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan. Intelijen Korea Selatan memperkirakan Kim Jong Un pada 2020 memiliki berat badan 140 kg dan mengalami peningkatan 6-7 kg pertahun, atau sudah bertambah 50 kg sejak 2011.

"Di permukaan, penurunan berat badan yang tampak tidak berarti banyak, tapi ini bisa memberikan petunjuk bagi informasi lain yang dicari intelijen," kelas Mike Brodka, anggota intelijen Amerika Serikat untuk operasi khusus di Korea Selatan, kepada NK News yang dikutip detikcom.

"Mungkin cuma masalah sepele terkait perubahan haya hidup sehat, atau bisa juga masalah yang lebih kompleks," lanjutnya.

Saat ini, Brodka mengaku belum tahu pasti misteri di balik dugaan penurunan berat badan yang dialami Kim Jong Un. Yang pasti, spekulasi tersebut memunculkan banyak pertanyaan serius terkait kondisi kesehatan Kim Jong Un.