Liga Italia

Keok Lawan Napoli, Cristiano Ronaldo Cs Pulang dengan Tangan Hampa

Keok Lawan Napoli, Cristiano Ronaldo Cs Pulang dengan Tangan Hampa
Eksekusi penalti Lorenzo Insigne pada menit ke-31

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Juventus pulang dengan tangan hampa usai kalah 0-1 dari tuan rumah Napoli pada pekan ke-22 Liga Italia 2020-2021. Laga Napoli vs Juventus itu digelar di Stadion Diego Armando Maradona, Sabtu (13/2/2021) atau Ahad dini hari WIB.

Satu-satunya gol yang bersarang di gawang Juventus berasal dari eksekusi penalti Lorenzo Insigne pada menit ke-31.

Kekalahan ini membuat Bianconeri tak beranjak dari peringkat tiga klasemen Liga Italia dengan koleksi 42 poin dari 22 laga. Sementara itu, tambahan tiga poin mengatrol posisi Napoli ke peringkat empat. Mereka terpaut dua angka dari Juventus.

Jalannya pertandingan

Juventus memulai pertandingan dengan tempo cepat. Garis pertahanan tinggi yang mereka terapkan, menyulitkan Napoli berkembang. Dua peluang sekaligus Juventus dapatkan ketika laga memasuki menit keenam, yakni melalui Adrien Rabiot dan Cristiano Ronaldo.

Rabiot menyambut umpan silang Federico Bernardeschi dengan tandukannya. Sayangnya, bola masih melebar dari gawang Napoli. Sementara, Ronaldo berusaha mencetak gol cepat dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tak berhasil, bola masih bisa diamankan Alex Meret.

Peluang kembali didapatkan Juventus pada menit ke-14. Bernardeschi menerima bola operan dari Alvaro Morata di kotak penalti lawan. Dengan sedikit ancang-ancang, Bernardeschi kemudian menyepak bola dengan kaki kiri terkuatnya, tetapi bola masih melayang di atas gawang.

Napoli bukannya tanpa peluang. Mereka sempat mengancam semenit setelah peluang Bernardeschi melalui Lorenzo Insigne. Insigne mendapat ruang tembak yang cukup bebas di dalam kotak penalti Juventus. Namun, Insigne gagal memanfaatkan kesempatan itu. Bola sepakannya masih meninggi.

Pada menit ke-28, ada insiden yang melibatkan Giorgio Chiellini dan Amir Rahmani di kotak penalti Juventus. Tangan Chiellini mengenai wajah Rrahmani dengan keras sampai bek Napoli itu terjatuh kesakitan di tengah lapangan.

Wasit tadinya tak acuh dengan insiden itu, tetapi akhirnya memutuskan penalti untuk Napoli setelah meninjauh tayangab ulang VAR. Lorenzo Insigne yang maju sebagai algojo sukses menuntaskan tugasnya dengan baik. Skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-31 untuk Napoli.

Gol penalti Insigne menjadi satu-satunya yang terjadi pada babak pertama. Napoli memasuki ruang ganti dengan keunggulan 1-0.

Memasuki babak kedua, Juventus yang tertinggl laangsung tampil menyerang, sedangkan Napoli lebih banyak bertahan. Meski terus menyerang dan menguasai bola, peluang terbaik Juventus pada babak kedua baru tercipta pada menit ke-75.

Melalui serangan balik cepat, Ronaldo berlari dari tengah lapangan menuju kotak penalti Napoli dan kemudian melepaskan sepakan kaki kiri. Bola hasi sepakan Ronaldo mengarah ke gawang Napoli, tetapi Meret berhasil mementahkannya.

Peluang kembali didapatkan Ronaldo pada menit ke-90. Sayangnya, peluang itu tak membuahkan hasil usai tandukan Ronaldo bisa ditangkap Meret. Hingga wasit Daniele Doveri meniupkan peluit panjang,

Juventus tidak mampu mencetak gol penyeimbang. Kedudukan 1-0 untuk Napoli pun menjadi hasil akhir pada laga ini.  

Susunan pemain Napoli vs Juventus:

Napoli (4-2-3-1): 1-Alex Meret; 22-Giovanni Di Lorenzo, 33-Amir Rrahmani, 19-Nikola Maksimovic, 6-Mario Rui; 20-Piotr Zielinski (7-Elif Elmas 64'), 5-Tiemoue Bakayoko' 21-Matteo Politano (8-Fabion Ruiz 65'), 24-Lorenzo Insigne (68-Stanislav Lobotka 88'), 11-Hirving Lozano; 9-Victor Osimhen (37-Andrea Petagna 75')

Pelatih: Gennaro Gattuso

Juventus (4-4-2): 1-Wojciech Szczesny; 16-Juan Cuadraro (12-Alex Sandro 46'), 4-Matthijs de Ligt, 3-Giorgio Chiellini, 13-Danilo; 33-Federico Bernardeschi (14-Weston McKennie 63'), 30-Rodrigo Bentancur (44-Dejan Kulusevski 72'), 25-Adrien Rabiot, 22-Federico Chiesa; 9-Alvaro Morata, 7-Cristiano Ronaldo

Pelatih: Andrea Pirlo