Kejahatan Rasial di AS, Kepala Seorang Wanita Asia Dihantam Palu

Kejahatan Rasial di AS, Kepala Seorang Wanita Asia Dihantam Palu
Wanita AS kepalanya dihantam palu oleh orang asing setelah sebelumnya menyuruhnya melepaskan masker. Foto/Audacy

NEW YORK, SENAYANPOST.com - Seorang wanita Asia yang tengah berjalan di Midtown Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS) kepalanya dipukul dengan palu oleh orang asing atau orang yang tidak dikenal (OTK). Sebelumnya, pelaku sempat meminta korban untuk melepas maskernya.

Pihak kepolisian New York, NYPD, tengah menyelidiki serangan itu sebagai kemungkinan kejahatan rasial. Ini adalah insiden terbaru dari serangkaian serangan yang dipicu kebencian rasial terhadap mereka yang berasal dari Asia di New York.

Insiden bermula saat korban yang berusia 31 tahun tengah berjalan di West 42nd Street. Ia kemudian didatangi oleh seorang wanita di dekat Ninth Avenue sekitar jam 20.45 pada hari Minggu.

Menurut polisi, si penyerang kemudian mengatakan kepada korban 'lepaskan masker Anda.' Pelaku tampaknya berusia 50-an tahun.

"Penyerang memukul kepala korban dengan palu sebelum lari ke timur di West 42nd Street," kata polisi seperti dikutip Sindonews dari South China Morning Post, Selasa (4/5/2021)..

Petugas medis membawa korban ke NYU Langone Health dalam kondisi stabil dengan luka di kepala.

"Penyerang mengenakan jins hitam dan tank top hitam," kata polisi.

Hanya beberapa jam sebelum serangan, para pemimpin kota berbicara pada rapat umum di Flushing, Queens, untuk mengecam serentetan kejahatan rasial dan menyerukan hukuman yang lebih keras.

“Kepada siapa pun yang melakukan kejahatan rasial, terus terang saja, mari kita perjelas: kami akan menemukan Anda, kami akan menuntut Anda,” kata Walikota Bill de Blasio.

"Kamu akan menanggung akibatnya," tegasnya.

Senator Chuck Schumer, yang juga berbicara di rapat umum itu, mengatakan pemerintahan Biden telah mengambil pendekatan yang lebih agresif untuk menindak kejahatan rasial.

“Bagi mereka yang mengabadikan kebencian Asia, kami sekarang memiliki orang-orang di Departemen Kehakiman yang berdedikasi untuk menemukan Anda, mengungkap Anda dan menuntut Anda,” kata Schumer.