Jangan Lewatkan, Mulai Malam Ini Tripel Konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus Hiasi Langit Indonesia

Jangan Lewatkan, Mulai Malam Ini Tripel Konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus Hiasi Langit Indonesia
Ilustrasi tripel konjungsi, planet tampak seperti bintang berkelap-kelip.(NASA)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Mulai hari ini (6/4/2021), dan selama tiga hari berturut-turut, fenomena tripel konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus akan hadir menghiasi langit Indonesia. 

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa kesempatan mengamati fenomena langit ini adalah di arah Timur-Tenggara dekat konstelasi Capricornus. 

Anda yang berminat mengamatinya bisa memilih waktu sejak pukul 03.00 WIB waktu setempat atau sekitar fajar bahari (42 menit setelah Matahari terbenam) berakhir. 

Peneliti di Pusat Penelitian Sains Antariksa Lapan, Andi Pangerang, mengatakan, magnitudo ketiga benda langit, Bulan, Jupiter, dan Planet Saturnus ini cukup bervariasi.

Planet Jupiter akan tampak dengan magnitudo kecerlangan antara -2,08 hingga -2,09. Sedangkan, magnitudo planet Saturnus adalah konstan di angka +0,74. 

"Bulan berfase sabit akhir ketika konjungsi tripel dengan iluminasi bervariasi antara 34,4 persen hingga 15,8 persen," ujarnya. 

Tentunya fenomena tripel konjungsi ini dapat tampak di langit Indonesia, jika cuaca cerah, langit malam cukup gelap dan juga bebas dari polusi cahaya.

Berikut arah penampakan tripel konjungsi Bulan-Jupiter-Saturnus di setiap harinya 6-8 April 2021 berdasarkan catatan Lapan. 

Selasa, 6 April 2021 

Pada hari ini, Selasa (6/4/2021), mula-mula Saturnus diapit oleh Jupiter dan Bulan di sebelah Timur-Tenggara, di titik 12.42 derajat - 8.03 derajat. 

Rabu, 7 April 2021 

Pada esok harinya, tripel konjungsi hari itu terjadi bermula dari kondisi Bulan yang diapit oleh Saturnus dan Jupiter. 

Kedua planet ini terletak di koordinat berturut-turut 8,28 derajat dan 7,02 derajat sebelah Timur-Tenggara. 

Kamis, 8 April 2021 

Pada fase di mana konjungsi terjadi bermula Jupiter yang akan diapit oleh Saturnus dan Bulan, terletak di koordinat 12.67 - 8.54 derajat sebelah Timur-Tenggara.