Liga Champions

Jago Tandang, Bayern Muenchen Bantai Lazio 4-1

Jago Tandang, Bayern Muenchen Bantai Lazio 4-1
Robert Lewandowski

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bayern Muenchen semakin menegaskan status sebagai jago tandang usai menang di kandang Lazio, Stadion Olimpico.

Lazio berhadapan dengan Bayern Muenchen dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 pada Selasa (23/2/2021) waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Pertandingan tersebut berhasil dimenangkan Bayern Muenchen dengan skor 4-1.

Dilansir BolaSport.com dari Whoscored, sepanjang laga, Bayern Muenchen memperoleh 56,3 persen penguasaan bola, sedangkan Lazio memperoleh 43,7 persen sisanya.

Untuk urusan peluang, sepanjang pertandingan tim tamu membuat 13 tembakan yang tujuh di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara itu, dalam periode yang sama, Lazio mencatatkan 14 percobaan dengan lima yang tepat sasaran.

Jalannya pertandingan

Sejak wasit Orel Grinfeld memulai jalannya pertandingan, Bayern Muenchen langsung menekan Lazio.

Upaya itu pun membuahkan hasil pada menit ke-9. Bayern Muenchen sukses membobol gawang Lazio.

Umpan pendek bek Lazio, Mateo Mussachio, yang dibuat dari dekat kotak penaltinya sendiri ke arah kipernya, Pepe Reina, terlalu lemah dan berhasil direbut oleh Robert Lewandowski.

Setelah menguasai bola, Lewandowski langsung melakukan pergerakan yang berhasil mengecoh Pepe Reina.

Usai mendapati gawang kosong tidak terkawal, Lewandowski melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang berhasil menggetarkan jala Lazio.

Dengan gol ini, berarti Lewandowski telah membukukan total 72 gol di Liga Champions sepanjang kariernya.

Dilansir BolaSport.com dari Opta, angka tersebut membuat Lewandowski melampaui catatan Raul Gonzales yang berada di angka 71.

Tak hanya itu, dengan satu gol tadi Lewandowski pun semakin mendekati catatan Cristiano Ronaldo yang memiliki total 134 gol dan Lionel Messi 119 gol.

Menit ke-24, Bayern Muenchen berhasil menggandakan keunggulannya.

Usai menari-nari di sisi kiri penyerangan dan melewati barisan pertahanan Lazio, Alphonso Davies mengirimkan umpan ke sisi tengah yang kemudian diteruskan Leon Goretzka ke arah kotak penalti.

Umpan Goretzka kemudian dituntaskan oleh Jamal Musiala menggunakan sepakan kaki kanan dari tepi garis kotak penalti.

Bayern Muenchen semakin jauh meninggalkan Lazio usai Leroy Sane turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-42.

Memanfaatkan bola muntahan dari sepaka Kingsley Coman yang ditepis kiper Lazio, Sane melepaskan tembakan kaki kanan dari jarak dekat yang tidak mampu dihentikan oleh Pepe Reina.

Tak lama setelah gol Sane wasit menyudahi jalannya paruh pertama, membuat Bayern Muenchen unggul 3-0 atas Lazio saat turun minum.

Dua menit setelah berjalannya paruh kedua, Bayern Muenchen kembali menggetarkan jala Lazio.

Umpan panjang Coman yang dibuat dari area pertahanan Bayern berhasil disambut oleh Sane dan kemudian digiringnya ke arah gawang Lazio.

Setelah masuk ke kotak penalti, Sane menggocek Patric dan lalu mengirim umpan silang mendatar dari sisi kanan penyerangan.

Francesco Acerbi yang berada di dalam kotak penalti berniat menyapu bola jauh dari gawangnya, namun upaya tersebut justru menghasilkan gol bunuh diri lantaran usahanya malah membelokkan arah bola ke dalam gawangnya.

Menit ke-49, Lazio berhasil memangkas defisit gol mereka lewat aksi Joaquin Correa.

Setelah menerima umpan pendek dari Luis Alberto, Correa melakukan penetrasi dari sisi kiri penyerangan ke dalam kotak penalti yang berhasil melewati penjagaan tiga bek Bayern Muenchen.

Usai mendapat ruang tembak cukup terbuka, Correa langsung melepaskan tembakan kaki kanan ke arah kanan bawah gawang.

Kiper Bayern Muenchen, Manuel Neuer, sempat berusaha menepis sepakan Correa itu, tetapi usahanya sia-sia.

Kedua kubu sama-sama gagal menambah gol sampai pertandingan berakhir.

Dengan demikian, Bayern Muenchen menutup laga dengan menang 4-1 atas Lazio.

Kemenangan ini tentu meringankan langkah Bayern Muenchen untuk laga leg kedua nanti. Pasalnya, mereka masih bisa lolos ke perempat final meski kalah 0-3 sekali pun.

Selain meringankan, kemenangan di kandang Lazio ini juga membuat Bayern Muenchen semakin oke dalam hal bermain tandang di Liga Champions, khususnya untuk urusan mencetak gol.

Dilansir BolaSport.com dari Squawka, dengan empat gol ke gawang Lazio, kini Bayern Muenchen telah membukukan 44 gol dalam 11 partai tandang terakhirnya di Liga Champions.