Jadi Pundi Uang Baru Bagi Youtuber, YouTube Sematkan Fitur 'Super Thanks'

Jadi Pundi Uang Baru Bagi Youtuber, YouTube Sematkan Fitur 'Super Thanks'

JAKARTA, SENAYANPOST.com - YouTuber akan memiliki pendapatan sampingan selain iklan selama mereka membuat konten yang disukai oleh subscriber. Fitur baru YouTube yang diberi nama Superthanks ini memungkinkan subscriber memberi uang tip kepada Youtuber.

DIlansir The Verge, Rabu (21/7/2021) fitur Super Thanks yang memungkinkan Anda memberi tip kepada pembuat konten kini sedang diuji di platform. Fitur ini memungkinkan subscriber memberi tip Youtuber dengan memilih salah satu dari tip antara $2 hingga $50.

Saat subscriber memberi uang tip, mereka akan melihat animasi perayaan di layar dan kolom komentar penuh warna dengan nama mereka muncul di bawah video di bagian komentar. Kreator sendiri akan dapat menanggapi pesan ini dengan cara yang sama seperti pada komentar biasa.

YouTube sendiri telah menguji alat dengan nama Viewer Applause selama setahun terakhir. Sekarang fitur itu bernama Super Thanks, tersedia dalam versi beta di 68 negara di desktop, Android, dan iOS.

Super Thanks adalah opsi keempat yang ditambahkan YouTube untuk pembuat konten yang membayar langsung. Lalu ada Super Stickers dan Super Chat, yang memungkinkan penonton memberikan tips dalam chat selama live streaming.

Selama fase pengujian sebelumnya, awalnya hanya ada satu titik harga, tetapi Youtuber memberi tahu YouTube bahwa subscriber menginginkan lebih banyak pilihan saat menunjukkan dukungan mereka untuk saluran yang mereka sukai.