Istri PM Armenia Ikut Latihan Militer, Ingin Bantu Perang Lawan Azerbaijan

Istri PM Armenia Ikut Latihan Militer, Ingin Bantu Perang Lawan Azerbaijan
Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan didampingi istrinya, Anna Hakobyan (foto Kompas.com)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Di tengah perang melawan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh, Istri Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dilaporkan ikut latihan militer.

Dalam tulisannya di Facebook, Anna Hakobyan menyatakan bahwa dia ikut dalam satu detasemen yang total berisikan 13 perempuan.

"Kami akan segera memulai latihan militer. Dalam beberapa hari ke depan, kami akan membantu mengamankan perbatasan negara kami," tulisnya.

Editor surat kabar di Armenia itu menegaskan, dia tidak akan menyerah maupun menyerahkan martabat negaranya ke tangan musuh.

Bagi istri PM Armenia itu, ini merupakan partisipasinya dalam pelatihan militer sejak Agustus laiu, seperti dilaporkan AFP Selasa (27/10/2020).

Saat itu, dia bersama sejumlah perempuan di Nagorno-Karabakh ikut dalam pelatihan fisik dan senjata yang berdurasi tujuh hari.

Keputusan Anna Hakobyan terjadi setelah Armenia, dalam hal ini adalah separatis di Karabakh, dan Azerbaijan terlibat perang sejak 27 September.

Mereka memperebutkan wilayah di Kaukaus yang direbut oleh separatis etnis Armenia dalam konflik 1990-an, yang menewaskan 30.000 orang.

Yerevan disebut mengalami kekalahan di sejumlah lokasi, mengakibatkan mereka harus mundur dari beberapa lokasi di Nagorno-Karabakh yang dikuasai sejak 1994.

PM Pashinyan sudah menyerukan bahwa situasi yang mereka hadapi di garis depan "sangatlah serius", dan meminta semua warga angkat senjata.

Putranya yang berusia 20 tahun, Ashot, dikabarkan sudah didaftarkan untuk menjadi relawan dalam konflik pada Oktober ini. (ws)