Iran Sukses Bikin Vaksin Covid-19, Segera Diuji ke Manusia

Iran Sukses Bikin Vaksin Covid-19, Segera Diuji ke Manusia
Vaksin

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Iran bersiap untuk menguji vaksin Covid-19 buatan sendiri kepada manusia. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Iran Saeed Namaki.

"Kami telah lulus uji vaksin pada hewan dan siap untuk memasuki fase uji coba ke manusia," ujar Saeed Namaki, seperti dikutip dari The Times of Israel, Senin (14/9/2020).

Saeed Namaki menambahkan untuk melawan virus corona, Iran akan mencoba dan membeli vaksin internasional segera setelah negara siap, tetapi Iran juga akan mengembangkan vaksin sendiri.

Hingga saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Iran mencapai 382.772 kasus. Iran menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus terburuk di kawasan Timur Tengah.

Pekan lalu Iran memutuskan untuk membuka sekolah dan menjalankan tahun ajaran baru setelah hampir tujuh bulan ditutup. Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kepada 15 juta penduduk bahwa pendidikan sama pentingnya dengan sistem kesehatan.

"Pendidikan tidak akan ditutup di negara kita bahkan di bawah situasi terburuk," katanya dan mendesak pihak berwenang untuk menerapkan langkah-langkah kesehatan di sekolah-sekolah.

Pembukaan kembali sekolah terjadi di tengah banyak keprihatinan atas kemungkinan peningkatan infeksi, termasuk para profesional medis.