Investasi Industri Otomotif Naik, Produksi Ban Ikut Terdongkrak

Investasi Industri Otomotif Naik, Produksi Ban Ikut Terdongkrak

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ban Indonesia (APBI) Azis Pane, mengatakan, bertambahnya investasi pada industri otomotif secara langsung akan berdampak pada peningkatan kapasitas produksi ban.
 
Meski begitu, Azis menyarankan agar pemerintah membenahi terlebih dahulu permasalahan pengapalan yang dihadapi para eksportir. 

“Pemerintah bisa saja berambisi untuk naikkan ekspor, tetapi infrastruktur mendukung tidak? Apakah kapal dan kontainer ada?” kata Azis, Minggu (11/4/2021). 

Azis mengatakan sejumlah perusahaan, termasuk beberapa pabrik otomotif, kesulitan mengirimkan produk ke luar negeri sekalipun permintaan berangsur pulih. Hal ini tidak lepas dari masih langkanya kontainer. 

Guna menanggulangi masalah ini, Azis menyarankan agar pemerintah bisa memetakan produk apa saja yang bisa diimpor dari negara destinasi yang disasar untuk ekspor produk manufaktur Indonesia. 

Tanpa impor dari negara tujuan ekspor, aktivitas pengiriman akan sulit karena biaya pengapalan cenderung lebih tinggi. 

“Pemerintah juga perlu mendekati negara-negara yang menyediakan kapal atau kontainer dalam jumlah besar seperti Norwegia dan Jepang, lalu petakan barang-barang yang bisa kita impor dari tiap negara agar bisa kita ekspor balik produk kita,” kata Azis. (Jo)