Intip Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Gowa, Ada DVD Tutorial Pembuatan Bom

Intip Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Gowa, Ada DVD Tutorial Pembuatan Bom
Kompas.com

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Detasemen Khusus 88 atau Tim Anti Teror menangkap terduga teroris ZU bersama istri dan tujuh anaknya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Keluarga tersebut diamankan di salah satu rumah di Komplek Garaha Surandar, Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa pada Rabu (6/1/2021) pukul 04.30 Wita.

Penangkapan sembilan orang tersebut diduga terkait dengan penangkapan terduga teroris di Makasar. Polisi mengaku jika satu dari sembilan orang yang diamankan diidentifikasi terkait dengan jaringan teroris dan telah dipantau sejak beberapa tahun terakhir.

"Benar tadi subuh ada penangkapan yang dilakukan oleh Densus 88 dan mengamankan satu orang terduga teroris termasuk isteri dan tujuh anaknya juga diamankan," kata Kapolres Gowa AKBP Budi Susanta, saat dikonfirmasi.

Andi salah satu tetangga terduga teroris di Gowa mengatakan keluarga yang diamankan oleh Densus 88 dikenal ramah namun jarang bergaul dengan warga.

"Mereka jarang bergaul dengan kami, tetapi mereka cukup ramah saat perpapasan pasti tersenyum dan menyapa. Mereka juga sering sholat berjamaah di masjid dan membawa seluruh anak-anaknya," kata salah seorang warga, Andi dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/1/2021).

Sementara itu Asdar Amiluddin ketua RT setempat mengatakan terduga teroris ZU berprofesi sebagai tukang servis AC.

Sementara tujuh anak ZU tidak mengenyam pendidikan formal seperti anak-anak pada umumnya. "Anak-anaknya tidak ada yang sekolah padahal yang sulung sudah remaja, seandainya dia sekolah mungkin sudah duduk di bangku SMP," kata Asdar.

Ia mengatakan warga sekitar kaget saat mengetahui kelurga ZU ditangkap tim Densus 88 karena tidak terlihat gelagat mencurigakan.

Sejumlah barang bukti diamankan Tim penjinak bom (jibom) Gegana Brimob Polda Sulsel usai melakukan olah TKP.

Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto mengatakan, barang bukti awal telah diamankan oleh Tim Densus 88. Dia menyebut, barang bukti yang diamankan oleh Tim Jibom Gegana Brimob Polda Sulsel berkaitan dengan bahan peledak atau bom.

"Barang bukti awal sudah diamankan Densus 88 dan barang bukti kedua yang diamankan tim gegana tidak terlalu banyak tapi berkaitan dengan bahan peledak," ucapnya. Selain itu, pihak kepolisian juga mengamankan DVD tutorial pembuatan bom.

"Ada juga DVD dan memang didalamnya adalah tutorial pembuatan bahan peledak atau bom," bebernya.