Inilah Sosok Wanita Pertama dari Arab yang Jadi Astronaut

Inilah Sosok Wanita Pertama dari Arab yang Jadi Astronaut
Nora Al Matrooshi | AFP

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Nora Al Matrooshi menjadi wanita Arab pertama yang menjadi astronaut dalam misi luar angkasa dari Uni Emirat Arab.

Hal ini menjadikan Nora sebagai calon astronaut wanita pertama di dari Timur Tengah. Nora akan menjalani pelatihan Kelas Kandidat Astronaut NASA 2021 di AMerika Serikat. Saat ini Nora bekerja pada perusahaan Konstruksi Petroleum Nasional di Abu Dhabi.

Pengumuman itu disampaikan oleh Shaikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA melalui akun Twitternya.

"Kami mengumumkan astronaut perempuan Arab pertama dan satu astronaut lainnya. Keduanya terpilih melalui seleksi lebih dari 4.000 kandidat untuk dilatih bersama NASA dalam misi eksplorasi ruang angkasa di masa depan. Selamat Noura Al Matrooshi dan Mohammed Al Mulla," ujarnya

Nora akan bergabung dengan seorang warga Emirat lain, Mohammed al-Mulla dalam pelatihan itu. Total, terdapat empat orang yang ada di bawah Program Astronot UEA.

Sebelumnya, Hazza al-Mansouri yang menjadi orang Emirat pertama di luar angkasa pada 2019 saat terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Dikutip Reuters, negara itu memiliki beberapa misi perjalanan dan beberapa rencana di luar angkasa. Di antaranya penjelajahan ke Bulan pada 2024 dan visi untuk pemukiman Mars pada tahun 2117.

Astronaut UEA nantinya akan berlatih selama tiga tahun. Sebelum itu keempat kandidat akan kursus selama 30 bulan di Johnson Space Center (JSC) NASA di Houston, Texas yang akan dimulai tahun ini.

Nora al-Matrooshi merupakan wanita lulusan teknik mesin dari Universitas UEA. Kini ia berusia 27 tahun dan bekerja di perusahaan perminyakan nasional Abu Dhabi.

Dilansir Gulf News, UEA menggunakan program luar angkasa untuk mengembangkan kemampuan ilmu dan teknologi, serta mengurangi ketergantungan pada eksploitasi minyak.